Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Memasuki tahapan penyusunan pemilih yang masuk kategori Daftar Pemilih Khusus dan Daftar Pemilih Tambahan, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang Syamsul melakukan supervisi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS se-Kecamatan Sumbersuko, Senin (14/1) di kantor kecamatan setempat. Dia ingin memastikan agar PPK dan PPS menjalankan penyusunan DPK maupun DPTb sesuai ketentuan PKPU Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas PKPU Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih Di Dalam Negeri Dalam Pemilihan Umum.

Dia menjelaskan tahapan penyusunan DPTb dan DPK ini mempunyai latar belakang yang berbeda. Kalau DPTb tentunya bagi pemilih yang sudah terdaftar di DPT tapi akan mencoblos pada 17 April 2019 di luar TPS dimana yang bersangkutan terdaftar dalam DPT. Sedangkan DPK penyusunannya bagi warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih tapi belum terdaftar dalam DPT. “Kalau DPTb ini penyusunanya bagi pemilih yang akan pindah milih dengan syarat meminta formulir A.5-KPUkepada PPS nya. Sedangkan DPK bagi warga yang belum masuk DPT tapi mempunyai KTP atau SUKET dari Dispenduk Capil” tutur Syamsul.

Penyusunannya kata Syamsul, awalnya untuk DPTb dimasukkan dalam formulir A.4.1-KPU. Sedangkan DPK penyusunannya dimasukkan dalam formulir A.DPK-KPU. Sekarang ini penyusunan tersebut harus dilakukan mengingat tahapan DPTb sendiri mulai 28 Agustus 2018 hingga 3 Maret 2019. “Penyusunan tersebut akan direkapitulasi terbukan secara berjenjang mulai dari tingkat PPK hingga KPU” terangnya.

Sedangkan penyusunan DPK imbuhnya, dimulai bersamaan dengan DPTb cuma berakhir hingga hari pemungutan suara tanggal 17 April 2019. Namun demikian, secara bertahap penyusunan DPK ini terbagi menjadi tiga tahap. Yakni, Penyusunan DPK 1 mulai 28 Agustus-31 Desember 2018, DPK 2 mulai 6 Januari-15 Maret 2019, dan DPK 3 dimulai 18 Maret-10 April 2019. “Karena penyusunan DPK 1 sudah selesai tahapannya tinggal PPK bersama PPS merekap hasil penyusunan DPK nya. Sebab usai direkap PPK Bersama PPS akan memasuki penyusunan DPK 2 dan 3” pungkasnya. (res)