Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Tim Relawan Demokrasi terus berusaha melakukan sosialisasi untuk seluruh masyarakat di Lumajang.

Pada Selasa (5/3), Relawan Demokrasi Basis Perempuan melakukan sosialisasi pendidikan pemilih kepada 50 ibu-ibu arisan di Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung.

Seperti sosialisasi sebelumnya, Relawan Demokrasi memberikan materi Pemilu yang meliputi tanggal pelaksanaan Pemilu serentak, waktu pemungutan suara, jenis pemilih, jumlah dan jenis surat suara.

Tata cara mencoblos surat suara yang sah, tata cara melipat surat suara yang benar, calon presiden dan wakil presiden, jumlah calon anggota DPD, memperkenalkan jumlah dan nama-nama partai, tata cara pindah pilih untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), serta jumlah daerah pilihan di Kabupaten Lumajang.

“Relawan Demokrasi menekankan pentingnya partisipasi warga dalam Pemilu. Untuk masa depan Indonesia lima tahun kedepan,” kata Muhamad Ridhol Mujib, Komisioner KPU Lumajang.

Tim yang merupakan kepanjangan tangan KPU Lumajang itu mengajak warga untuk tidak golput serta menolak money politik.

Seorang peserta sosialisasi bernama Khusnul Khotimah, mengatakan sosialisasi seperti ini sangat diperlukan.

“Sosialisasi ini sangat membantu warga terutama yang ada di Desa seperti di Nogosari ini. Karena mayoritas penduduknya petani, tidak semua penduduk bisa mendapatkan sosialisasi seperti ini. Terutama tentang tata cara pencoblosan agar surat suara mereka sah dan tidak golput,” paparnya. (hes)