Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komitmen Relawan Demokrasi dalam melakukan sosialisasi Pemilu 2019 patut diapresiasi. Mereka terus memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat terkait pesta demokrasi dengan berbagai cara.

Kali ini, sosialisasi dilakukan secara personal oleh seorang Relawan Demokrasi Basis Kebutuhan Khusus bernama Rega Ababil.

Rega melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu pengajian rutin di Desa Karanganyar, Kecamatan Yosowilangun pada Rabu (13/2). Tak ketinggalan, istri kepala desa Karanganyar juga turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini.

Seperti yang disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib, bahwa sosialisasi ini, tak hanya menjadi tanggung jawab tim masing-masing relawan demokrasi tapi secara personal juga bisa melakukan sosialisasi secara massif kepada masyarakat.

“Ajakan untuk mencoblos pada 17 April 2018, tata cara mencoblos, pengenalan 5 jenis surat suara, dan syarat pemilih harus terus digelorakan kepada masyarakat ini tugas relawan demokrasi,” ujar Anggota KPU Lumajang yang membidangi divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM.

Ketua Pengajian, Su’en, mengaku bahwa kedatangan Relawan Demokrasi ini sangat membantu masyarakat yang minim pengetahuan soal Pemilu.

“Apalagi dengan jumlah surat suara yang ada 5 jenis di Pemilu nanti,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Istri Kepala Desa Karanganyar, Suwarni yang mengaku kedatangan Relawan Demokrasi ini bisa terus berlanjut di hari berikutnya. Mengingat banyak masyarakat yang perlu mendapatkan pemahaman terhadap pemilu.

“Saya harap nanti akan diadakan lagi sosialisasi seperti ini dengan menjangkau kelompok masyarakat yang lain  seperti PKK, terlebih mendekati 17 April 2019,” ujar Suwarni dengan penuh harap. (hes)