Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Lima hari jelang pemungutan suara Pemilihan serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang terus berupaya menginformasikan kepada masyarakat. Salah satunya dilakukan melalui Pengurus Ta’mir Masjid se-Kabupaten Lumajang kepada jama’ah shalat jum’at (22/6). Pengumuman tersebut serentak dilakukan setelah KPU Lumajang melalui PPK dan PPS berkoordinasi dengan Ta’mir masjid yang ada di wilayah kerjanya.

Muhamad Ridhol Mujib Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Lumajang menjelaskan, woro-woro lewat jama’ah shalat jum’at ini salah satu upaya KPU Lumajang dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018. “Biar informasi hari dan tanggal pencoblosan Rabu, 27 Juni tersampaikan kepada seluruh masyarakat yang punya hak milih hingga ke seluruh pelosok desa di Lumajang” ujarnya

Selain itu Ridho mengatakan, satu hari jelang hari pemungutan suara, seluruh penyelenggara mulai KPU Kabupaten, PPK, PPS dan KPPS melakukan siaran keliling menggunakan kendaraan ke pelosok desa di wilayah kerjanya. “Jalur siaran keliling KPU di ruas jalan protokol baaik di kabupaten hingga sebagian kecamatan. PPK harus bisa menjangkau pelosok desa terpencil. Sedangkan PPS dan KPPS bisa melakukan siaran melalui pengeras suara di Musholla di sekitar lokasi TPS” katanya.

Ridho berharap kepada seluruh penyelenggara badan adhoc harus bener-bener mengoptimalkan seluruh kesempatan untuk menginformasikan hari dan tanggal pemungutan suara kepada pemilih. “Prinsipnya PPK, PPS dan KPPS harus terus mengingatkan kapan coblosan dan di TPS mana mereka akan mencoblos saat memberikan C6 atau surat pemberitahuan memilih kepada pemilih” pungkasnya.