Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Panitia  Pemilihan Kcamatan (PPK) Klakah Kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi evaluasi kinerja Panitia Pemungutan suara (PPS) se-Kecamatan Klakah Jumat (23/02/2018) untuk penyelenggaraan pemilu 2019 mendatang di Pendopo Kecamatan Klakah. Agenda tahapan pemilu ini dihadiri oleh seluruh anggota PPS di Kecamatan Klakah.

Dalam kesempatan ini ketua PPK Klakah Muhammad Anam mengatakan, Rapat Sosialisasi dan Evaluasi Kinerja PPS ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan sosialisasi pembentukan PPS untuk Pemilu 2019 dengan metode evaluasi kinerja, serta mengevaluasi persyaratan belum pernah menjabat 2 kali periode sebagai anggota PPS berturut-turut  di jabatan  yang sama sebagai anggota PPS maupun KPPS. Sesuai ketentuan PKPU 3 tahun 2018 tentang tata kerja dan pembentukan PPK, PPS dan KPPS pada pemilu 2019” kata Ketua PPK Klakah Muhamad Anam.

Hal senada juga diungkapkan Anggota PPK Klakah Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Agus Ahmadi, menurutnya Anggota PPS pada penyelenggaraan Pilkada 2018 dapat diangkat sebagai anggota PPS dalam Pemilu 2019. Namun harus dilakukan penilaian/evaluasi terlebih dahulu dan memenuhi persyaratan periodesasi. Substansi penilaian tersebut yakni mengenai integritas, kerjasama dan independensi. Metode penilaian menggunakan daftar pertanyaan tertutup. “Metode itu sesuai ketentuan di Keputusan KPU RI Nomor 31 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan PPK, PPS dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum” ungkapnya.

Agus Ahmadi meminta kepada seluruh PPS yang hadir untuk memberikan penilaian secara objektif dan autentik. Sebab penilaian ini tak hanya sekedar formalitas saja, namun sebagai tolok ukur kinerja selama beberapa bulan melaksanakan  tahapan pemilihan serentak tahun 2018. “Mohon berikan penilaian yang baik dan jangan sampai ada penilaian yang bersifat menjatuhkan, sedangkan yang bersangkutan memiliki kinerja baik dalam melaksanakan kerjanya selama pilkada tahun ini” pinta Agus.

Selanjutnya tak lupa, Agus Ahmadi pun menjelaskan terkait periodisasi masing-masing PPS mulai terhitung sejak pemilu 2004 hingga pemilihan 2018. PPS yang sudah memasuki periode ke-2 secara otomatis tidak diangkat kembali sebagai PPS pada gelaran Pemilu 2019 mendatang. Perhitunganya periode pertama pemilu 2004 hingga pemilihan 2008, periode kedua pemilu 2009 hingga pemilihan 2013 dan periode ketiga pemilu 2014 hingga pemilihan 2018″ jelasnya.Sebelum menutup acara, Ketua PPK Kecamatan Klakah Muhamad Anam berharap para PPS dapat menjaga kondusifitas kinerja yang saat ini sudah terbentuk, terlepas dari siapa saja yang nantinya ditetapkan menjadi penyelenggara Pemilu 2019.