Sidoarjo, kpud-lumajangkab.go.id– Anggota Komisi Pemilihan Umum provinsi Jawa timur, Choirul Anam meminta seluruh anggota KPU kabupaten/kota se-Jatim menjaga soliditas di tengah padatnya tahapan pilkada dan Pemilu 2019 yang sama-sama memasuki tahapan krusial. Pesan tersebut disampaikan saat membuka Rapat koordinasi fasilitasi pembentukan badan adhoc penyelenggara pemilu 2019, di Swiss-Belhotel international Sidoarjo, Rabu (27/2).

Dalam sambutannya, Anam juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat tepatnya awal bulan Maret tahapan pilkada akan melakukan rekapitulasi hasil pemutakhiran daftar pemilih mulai dari tingkat PPS, PPK hingga KPU. “Semua Divisi saling bahu-membahu dalam melaksanakan tanggung jawab divisinya. Seperti rekapitulasi terbuka hasil pemutakhiran daftar pemilih yang telah dilakukan PPDP sebulan lalu” ujarnya.

Disaat yang sama kata Anam, tahapan pemilu juga memasuki tahapan pembentukan badan adhoc yang akan dilantik minggu awal bulan Maret. “Proses ini harus terlaksana sesuai tahapan yang sudah ditetapkan KPU RI. Apalagi pemilu setelah badan adhoc terbentuk tahapan selanjutnya kita akan menerima pendaftaran calon perseorangan Dewan perwakilan daerah atau DPD mulai April sampai bulan mei” kata Divisi perencanaan dan data KPU Jatim ini.

Di bulan April juga KPU akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih lagi tapi peruntukannya untuk pemilu 2019. “Setelah pelantikan badan adhoc dengan segala dinamika nya, kita akan terima pendaftaran calon anggota DPD, sambil melakukan pemutakhiran pemilih lagi untuk pemilu” imbuh Choirul Anam.

Melihat padatnya tahapan ini, KPU RI melalui KPU Jatim berpesan agar saling menjaga soliditas dan sinergitas antara anggota KPU maupun dengan sekretariat KPU kabupaten/kota. “Saling menjaga ritme kerja dengan bekerja sinergis antar anggota KPU juga dengan sekretariat juga pastinya dengan saling memahami tupoksi masing-masing” pungkasnya.

Rakor ini dihadiri oleh 38 KPU kabupaten/kota se-Jawa timur yakni 1 orang anggota KPU divisi SDM dan Parmas serta 1 orang kasubbag program dan data KPU kabupaten/kota. Sementara KPU Lumajang dihadiri divisi SDM dan Parmas nya, Muhamad Ridhol Mujib didampingi Kasubbag program dan data, Samiaji hingga berakhir pada tanggal 28 Pebruari 2018.