Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis perempuan di Desa Ranubedali Kecamatan Ranuyoso berjalan lancar disertai antusias peserta yang tinggi. Sasaran sosialisasi kali ini menyasar jam’ah muslimat NU Al-Falah Desa Ranubedali Jumlah diikuti 96 ibu-ibu.

Ketua PPK Ranuyoso bapak Yoyon Sugiarto yang menjadi narasumber menyampaikan beberapa materi sosialisasi dan pendidikan pemilih seputar jumlah surat suara yg akan di coblos, jumlah parpol dan jenis dan warna surat suara. “Ini sebagai dasar pengetahuan bagi ibu-ibu muslimat untuk mengenal lebih dekat Pemilu serentak 2019” ujarnya usai memberikan sosialisasi, Jum’at (15/2)

Yoyon juga mempraktikkan tata cara membuka dan melipat surat suara sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tak hanya itu tata cara mencoblos yang sah dan tidak sah menjadi titik tekan dalam memberikan sosialisasi kepada pemilih. “Alhamdulillah ibu ibu muslimat antusias mendengarkan penjelasan tentang tata cara mencoblos serta tata cara membuka dan melipat surat suaranya” terangnya.

Seperti yang disampaikan salah satu peserta Fusiha, selain meminta kembali narasumber untuk mempraktikkan proses pemungutan suara di TPS tersebut, dia juga menanyakan tentang boleh atau tidaknya pemilih yang sudah sepuh (baca tua renta) meminta tolong panitia untuk melipat surat suaranya. “Kondisi ini harus disampaikan secara jelas biar masyarakat tahu pak” pintanya.

Usai menjelaskan bahwa pemilih bisa meminta pendamping dari keluarga jika yang bersangkutan kesulitan saat pemungutan suara karena faktor usia dan kesehatan, anggota PPK Ranuyoso yang lain kembali mempraktikkan tata cara pemungutan suara hingga seluruh jama’ah paham. (jav/hes)