Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang bersama Panwaslu Kabupaten Lumajang dan Satpol PP siap membersihkan Alat Peraga Kampanye tiga hari sebelum pemungutan suara atau dalam masa tenang Pilkada serentak 2018. Pembersihan APK ini akan dilakukan mulai tanggal 23 Juni serentak dengan melibatkan PPK dan PPS. Sedangkan Panwaslu akan melibatkan Panwascam dan PPL se-Kabupaten Lumajang. Sementara dari pihak Pemkab Lumajang akan menurunkan personil SATPOL PP hingga Linmas. Hal ini disampaikan Muhamad Ridhol Mujib Anggota KPU Kabupaten Lumajang saat berkoordinasi dengan PanwasLu dan Satpol PPS di ruang rapat Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung” KPU Lumajang, jum’at (22/6).

Ridho menjelaskan, sesuai ketentuan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye Pasal 31, KPU Kabupaten berkoordinasi dengan Pemkab dan Panwaslu untuk membersihkan APK paling tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Koordinasi ini untuk menyamakan persepsi tentang pembersihan yang akan melibatkan sejumlah pihak, baik KPU dan badan adhoc nya Panwaslu dan jajarannya, satpol pp dan jajaranya, serta pihak Dinas Perhubungan dan KesbangPol Pemkab Lumajang . “untuk menegaskan hal tersebut kita hari ini (jum’at/ 22/6) akan bersurat ke Bupati Lumajang agar bisa menginstruksikan ke instasi pemkab terkait” uajrnya.

Mepetnya waktu pembersihan itu katanya, harus segera terkomunikasikan kepada semua stakeholder termasuk kepada POLRES dan KODIM 0821 Lumajang. Jadwal yang sudah disepakati sesuai ketentuan PKPU 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye, yakni tanggal 23 Juni 2018. “Karena ketentuannya paling lambat 3 hari sebelum hari pencoblosan, maka sabtu malam kita bergerak serentak mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa untuk membersihakan APK yang terpasang selama masa Kampanye” kata Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Lumajang ini.

Pembagiannya lanjut Ridho untuk tingkat Kabupaten, KPU bersama Panwaslu dan Satpol PP membersihkan APK yang berada di pusat kota. Sedangkan ditingkat kecamatan dan desa PPK dan PPS bersama Panwascam dan PPL serta Linmas akan membersihkan APK yang terpasang di wilayah kerjanya. Dibantu pengamanan dari POLRES dan jajrannya serta KODIM beserta jajarannya. “Yang dibersihkan di Kabupaten seperti Baliho maupun billboard. Sedangkan tingkat kecamatan dan desa umbul-umbul dan spanduk” pungkasnya.