Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Relawan Demokrasi Basis Pemilih Muda menggelar sosialisasi tentang pemilu 2019. Adalah pemuda pemudi pengurus Karang Taruna Argensa yang berada di kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, berkesempatan langsung mendapat sosialisasi pendidikan pemilih dalam pemilu tahun ini. Terdapat sekitar 25 pengurus karang taruna yang menghadiri acara ini.

Tahap penyampaian pembekalan yang diberikan relawan demokrasi pada Selasa (12/02) yang bertempat di balai karang taruna Argensa Tompokersan mengupas topik mengenai betapa pentingnya mengerti dan memahami pemilu secara langsung. Lebih dalam keikutsertaan secara aktif pada pemilu kali ini juga disampaikan oleh relawan demokrasi.

“Sebagai pemuda karang taruna sudah sepatutnya memberikan sumbangsih berharga bagi negara. Tak lain salah satu wujudnya adalah tolak golput. Menggunakan hak pilih dengan datang ke TPS 17 April 2019 itulah wujud nyata bakti pemuda,” kata Muhamad Ridhol Mujib Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM kepada kpud-lumajangkab.go.id.

Hal lain yang diperdalam saat menyampaikan sosialisasi adalah pentingnya mengenali beragam warna kertas surat suara dan jenis-jenis pemilu. Maka dari itu, sesi tanya jawab pun juga dilakukan usai penyampaian sosialisasi. Terlihat para pengurus Karang Taruna Argensa begitu antusias mengikuti sesi tanya jawab. Sejumlah pertanyaan seputar pemilu seringkali dilontarkan kepada para relawan demokrasi.

Keaktifan seperti ini yang mencerminkan kesadaran dan kemauan terlibat aktif pada pemilu April mendatang. Tentu ini harapan besar sebagai pemuda yang dituntut mampu berperan aktif dan menentukan sikap kedewasaan dalam pemilu dengan tidak golput. “Kedewasaan para pemuda tercermin dari sikap dan tanggung jawab bersama untuk mengantarkan negara ini menuju demokrasi yang lebih baik. Keaktifan mereka di forum menjadi harapan terselenggaranya pemilu April ini semakin berkualitas,” pungkasnya. (jav)