Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi sebagai kepanjangan tangan dari KPU Lumajang terus gencar melakukan sosialisasi Pemilu 2019.

Minggu (3/3), Relawan Demokrasi Basis Disabilitas menggelar sosialisasi kepada paguyuban penyandang difabel di daerah Gambiran, Kelurahan Rogotrunan, Lumajang.

“Peserta yang mengikuti acara ini lumayan banyak. Sekitar 20 orang anggota paguyuban yang terdiri dari tuna netra, tuna grahita, dan tuna daksa hadir sebagai peserta sosialisasi Pemilu,” ujar Muhamad Ridhol Mujib, Anggota KPU Kabupaten Lumajang.

Seperti sosialisasi sebelumnya, Relawan Demokrasi memberikan pendidikan Pemilu yang meliputi waktu pemilu, jenis surat suara, jenis-jenis pemilih, tata cara mencoblos yang baik dan benar, dan tata cara pindah pilih.

“Relawan Demokrasi mengimbau agar peserta sosialisasi bisa menjadi pemilih yang bijak dan jujur. Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan santai dan ceria diselingi dengan humor yang membuat suasana menjadi penuh keakraban.” tuturnya.

Agus Ismail, salah satu peserta sosialisasi, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata bahwa keberadaan kami masih sangat dihargai dalam penentuan nasib bangsa ini,” terangnya.

“Relawan Demokrasi juga sangat ceria dan sangat mudah membaur dengan kami, sehingga kami sangat bersemangat untuk mendengarkan dan memahami dengan seksama acara hari ini,” lanjutnya. (hes)