Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito mengatakan tugas penyelenggara Pemilu itu merupakan tugas berat hanya bisa dilakukan orang-orang yang mempunyai tanggung jawab dan profesional. Apalagi Pemilu 2019 akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif. Pernyataan tersebut disampaikan saat menjadi narasumber pada acara Rapat Koordinasi terpadu Panwaslu Kabupaten Lumajang dengan peserta Panwascam dan  PPK Pemilu 2019 se-Kabupaten Lumajang di Vision Vista Jalan Sastrodikoro Lumajang, Senin(14/5).

Menurutnya, kompleksitas permasalahan Pemilu menjadi bagian yang harus dilalui semua penyelenggara baik Panwascam maupun PPK. “Kalau melihat penyelenggaraan Pemilu sebelumnya di tahun 2004 atau 2009 banyak persoalan krusial yang dihadapi penyelenggara” ujarnya.

Tapi meski demikian, Eko meminta kepada penyelenggara Pemilu agar tidak menjadi bagian dari masalah yang ada, dengan kata lain PPK dan Panwascam harus melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang berlaku” pintanya.

Yakni lanjutnya, KPU secara hirarkis harus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Bawaslu juga harus melakukan pengawasan secara partisipatif, dengan bekerja secara profesional sesuai tupoksinya. “Partisipasi adalah ruhnya demokrasi sedangkan netralitas adalah ruhnya penyelenggara, dan tingkat kehadiran yang tinggi masyarakat dalam memilih menunjukkan kualitas Pemilu” pungkas Ketua KPU Jatim ini.

Perlu diketahui bahwa RAKOR terpadu yang digelar Panwaslu Kabupaten Lumajang ini diikuti 3 orang anggota Panwascam se-kabupaten Lumajang dan 2 orang anggota PPK Pemilu se-kabupaten Lumajang.’