Semakin dekatnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 juni 2018 yang juga bersamaan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Jawa timur. KPU Lumajang mengelar pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik oleh Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah, bertempat di gedung dr Soedjono .

Saat Pelantikan PPK dan PPS total jumlah keseluruhan 720 orang yang dilantik dengan Anggota PPS yang dilantik 615 dari 205 Desa di Kabupaten Lumajang sedangkan untuk PPK 105 orang dari 21 Kecamatan di Kabupaten Lumajang. Dalam pelantikan tersebut Siti mudawiyah menyapaikan apresiasi atas kinerja KPU yang menumpuk bisa bekerja. Proses perekrutan PPK PPS tersentral di KPU Lumajang.“KPU sudah bekerja sama dengan Panwaslu mengenai deteksi dini administrasi dengan bukti yang konkrit,” terangnya. Selain itu Siti Mudawiyah memberikan pesan Kepada PPK dan PPS terpilih “Saya pesan pada PPK PPS, harus independen dan tidak terpengaruh pihak-pihak lain karena akan diawasi panitia pengawas pemilu,” pesannya dalam acara pelantikan PPK dan PPS.

Pada acara pelantikan ini juga di Hadiri oleh Bupati Lumajang As’at dalam kesempatan ini menyapaikan sambutanya untuk mengajak PPK dan pihak terkait agar bekerja sesuai dengan tahapan dan tugas masing-masing, serta benar-benar memegang teguh sumpah pelantikan. “Pemilihan tahun 2018 tergantung pada panjenengan semua,” menambahkan PPK dan PPS harus bekerja jujur, adil dan kinerja Panitia natinya akan diawasi oleh masyrakat dan panwas.Dihari sambutnya Bupati membrikan pesan “Ayo kita ciptakan suasana tenang dan damai sejak pra dan pasca pemilu sehingga pembangunan yg sedang berjalan tidak terhambat atas kecerobohan kita,” Rabu (22/11/2017)

Pelantikan ini juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca ) dari masing masing kecamatan, Selanjutnya PPK dan PPS akan diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada 28-29 November 2017 sebelum nantinya para PPK dan PPS ini bekerja.KPU berharap agar PPK dan PPS yang terpilih ini benar benar bisa menjalankan tugas dan kewajibanya.