Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Rombongan komisi A DPRD Kabupaten Lumajang mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang yang beralamatkan di jalan Veteran nomor 70 pada Kamis (7/2).

Kunjungan anggota DPRD yang bergerak di bidang pemerintahan ini bertujuan untuk memonitoring pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019 mendatang.

Sebanyak 10 orang ikut dalam kunjungan kali ini, termasuk Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Nurhayati.

Dalam kunjungan ini, Siti Mudawiyah selaku Ketua KPU Lumajang telah menyatakan kesiapannya dalam pelaksanaan Pemilu 2019, khususnya logistik.

“Sebagian besar (logistik) sudah tersimpan di gudang KPU. Kotak suara, bilik suara, dan perlengkapan TPS sudah aman tersimpan di gudang. Tinggal menunggu surat suara dan formulir yang akan dikirim secara bertahap,” ujar Siti Mudawiyah.

Selain itu, Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang juga membahas berbagai kendala dan menyiapkan antisipasi yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. Mereka menyangsikan pemahaman masyarakat mengenai 5 surat suara dengan warna yang berbeda.

Sehingga Komisi A DPRD meminta agar KPU Lumajang lebih gencar melakukan sosialisasi mengenalkan kepada masyarakat terkait 5 warna surat suara yang meliputi warna abu-abu untuk surat suara Presiden dan Wakil TVPresiden, warna kuning untuk DPR RI, warna merah untuk DPD, warna biru untuk DPRD Propinsi, dan hijau untuk DPRD Kabupaten.

“KPU telah menyiapkan antisipasi terutama dalam administrasi Pemilu yang terbilang cukup rumit dengan 5 surat suara. Kami telah berusaha memberikan pemahaman pada badan ad-hoc KPU mengenai teknis pelaksanaan Pemilu,” jelas Ketua KPU.

Usai mengunjungi kantor KPU Lumajang, rombongan Komisi A DPRD Kabupaten melanjutkan monitoring ke gudang KPU Lumajang. Mereka meninjau logistik yang sudah terkumpul di dalam gudang. (hes)