Surabaya, Kpud-Lumajangkab.go.id-Komisioner KPU Kabupaten Lumajang  Divisi Hukum Rudy Hartono menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) untuk pengamanan Pilkada Jatim Serentak 2018 di Hotel Wyndham, jalan Basuki Rahmat Surabaya. Rakor dilaksanakan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim.Hadir dalam Rakor juga terdapat 233 orang peserta, diantaranya terdapat Dir Intelkam Polda Jatim, Kabag OPS dan Kasat Intel Polrestabes/Polresta/Polres jajaran Polda Jatim, serta dari jajaran TNI.

 Dalam sambutan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Machfud Arifin SH yang dibacakan subtansinys di antara lain bahwa indikator kesuksesan Pilkada adalah tingginya angka partisipasi, rendahnya angka pelanggaran dan lancarnya pelaksanaan Tahapan Pemilihan. “Dalam agenda ini juga akan dibahas tentang pengamanan seluruh tahapan pemilihan, tata cara pemilihan di TPS, peran serta KPU dan Bawaslu sebagai Penyelenggara Pemilihan dan isu-isu aktual lainnya” ujarnya

Kepolisian Daerah Jawa Timur pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018 ini akan mengerahkan 27.612 personil, TNI akan menyiagakan 11.392 personil dan Linmas 86.949 personil. Kapolda mengapresiasi kematangan berpolitik masyarakat Jatim “cukup apresiatif situasi aman terkendali kerukunan dan keguyuban bisa dirasakan oleh setiap warganya. “Sejauh ini tercipta kondisi yang aman dan kondusif. Mudah-mudahan sampai nanti selesainya Pilkada juga kondisinya sama,” harapnya Senin (22/1/2/2018)

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito berharap dengan adanya rakor ini, seluruh stakeholder terkait bisa berkoordinasi dengan baik. “Baik itu koordinasi dengan jajaran Polri dan TNI, serta Bawaslu Jatim. Sehingga pelaksanaan Pilkada Jatim dapat berjalan dengan lancar dan aman,” jelas Eko.