Tiga Komisioner KPU Lumajang menghadiri launching KPU Provinsi Jatim yaitu dari Divisi Perencanaan dan Data Syamsul, Divisi Hukum Rudy Hartono, Divisi SDM dan Parmas Ridhol Mujib. KPU Provinsi Jawa Timur melaksanakan Launching Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018, di gedung JX Internasional Surabaya, Rabu 29 November 2017 malam, berlangsung sukses dan meriah. Acara ini dihadiri oleh komisioner KPU RI yaitu yakni Arief Budiman (Ketua) beserta anggota Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Viryan dan Evi Novid Ginting Manik, sedangkan satu anggota KPU RI Hasyim Asy’ari berhalangan hadir dan KPU Provinsi se- Indonesia, Forkominda, 38 KPU Kabupaten /Kota se-Jatim.

Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito mengungkapkan dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 akan bersamaan dengan Pilkada serentak di 18 Kabupaten/ Kota. Tentu akan menjadi kerja ekstra, dalam menyukseskan agenda negara yang diamanahkan melalui KPU Jatim beserta jajaran. “Harapannya dalam semarak Pilgub Jatim 2018 berjalan sukses dan damai. Sesuai dengan tagline atau semboyan yang kami usung yakni Guyub Rukun. Pilgub nanti bermakna penuh kebersamaan dan kerukunan. Damai, elegan dan tanpa kekerasan,” ujarnya (29/11/2017)

Acara ini Diawali dari atraksi Reog Ponorogo yang menjadi cucuk lampah permulaan acara, disambung berbagai tarian tradisional daerah seperti Remo, Salepok, Gandrung dan Geleng Ro’om. Juga ada paduan suara mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Musik Band dan perform tari dari anak berkebutuhan khusus kemudian dilanjutkan dengan Acara pamungkas dari launching Pilgub Jatim 2018, yakni penabuhan alat musik Jimbe oleh Ketua KPU RI dan KPU Jatim beserta tamu undangan VVIP, yang diikuti oleh undangan lain yang juga mendapat souvenir Jimbe. Kemeriahan acara peresmian yang selesai sampai pukul 23.30 WIB, berhasil menyuguhkan serangkaian nuansa seni budaya khas Jatim.

Dalam kesempatan ini Komisioner KPU Lumajang Ridhol Mujib mengungkapkan saat mengikuti launching Pilgub jatim “ terkait dengan launching pilkada jatim bahwa KPU Kabupaten Lumajang akan menjalankan tahapan – tahapan Pilkada, tahapan pertama untuk pembentukan PPK/PPS sudah dilalui kemudian terkait dengan pemutakiran daftar pemilih akan dilakukan pada bulan Desember “Harapanya tahapan Pilkada bisa berjalan sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan .