Kediri, kpud-lumajangkab.go.id– Komisioner KPU kabupaten Lumajang dan Kepala Sub Bagian Program dan Data mengikuti Rapat koordinasi  (Rakor) sosialisasi PKPU nomor 3 tahun 2018 yang digelar oleh Komisi pemilihan umum provinsi Jawa timur. Agenda tahapan pemilu tahun 2019 ini digelar di hotel bukit daun jl. Argo Wilis Kediri selama dua hari, yakni mulai tgl 31 Januari hingga 1 Pebruari 2018.

Menurut Muhamad Ridhol Mujib selaku Divisi SDM dan Parmas melihat rakor ini sangat penting dan harus diikuti mengingat PKPU 3 tahun 2018 mengatur pembentukan dan tata kerja PPK, PPS dan KPPS untuk pemilu 2019. “Tahapan pembentukan badan adhoc untuk pemilu sudah saatnya kita laksanakan. Untuk itu perlu kiranya dalam rakor ini bisa menjadi bekal KPU kabupaten/kota dalam melaksanakan tugasnya membentuk PPK, PPS dan KPPS” ujarnya, Rabu (31/1)

Sementara ketua KPU Jatim Eko Sasmito menegaskan dalam sambutannya, bahwa Kedepan kegiatan ini menjadi sangat penting mengingat proses tahapan pemilu 2019 sudah dimulai bersamaan dengan tahapan pilkada yang akan memasuki tahapan penetapan Paslon dan tahapan kampanye, maupun laporan dan audit dana kampanye. “Jangan ada keraguan dalam menjalankan semua tahapan pemilihan 2018 maupun Pemilu 2019. Laksanakan tugas sesuai petunjuk, karena komando ada di tangan KPU RI, jangan ditawar-tawar lagi” tegasnya.

Diakhir sambutannya Eko berpesan agar perlu kesolidan diantara anggota KPU kabupaten/kota beserta dengan sekretariat agar semua tahapan pemilihan dan pemilu bisa berjalan sesuai waktu dan jadwalnya. Agenda rakor ini meliputi materi mekanisme pembentukan PPK, PPS dan KPPS dan mekanisme pelaksanan dan penggunaan anggaran badan adhoc pemilu. Selain itu panduan evaluasi kinerja PPK dan PPS menjadi materi penting sebab pembentukan badan adhoc pemilu ini dapat mengangkat badan adhoc pemilihan 2018 yang sekarang sudah terbentuk dan sudah melaksanakan tahapan pemilihan 2018 in