Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi terus melanjutkan komitmennya untuk melakukan sosialisasi Pemilu kepada seluruh lapisan masyarakat Lumajang.

Pada Kamis (28/3), Relawan Demokrasi Basis Kebutuhan Khusus melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada para santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Denok, Kecamatan Tekung.

Selama satu jam, Relawan Demokrasi memberikan materi Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan Pemilu, jenis pemilih, jumlah surat suara, warna surat suara, dan pembagian dapil di Kabupaten Lumajang.

Kedatangan tim Relawan Demokrasi Basis Kebutuhan Khusus disambut hangat oleh santri Ponpes Miftahul Ulum yang lebih dari 150 orang.

Karena kebijakan dari pihak yayasan pesantren, sosialisasi Pemilu dibagi menjadi 2 forum, yakni forum khusus untuk santriwan (laki-laki) dan khusus santriwati.

Sebagian besar santri sudah mengaku sudah mengetahui waktu pelaksanaan Pemilu, namun belum mengetahui pembagian dapil mereka.

Keberadaan Relawan Demokrasi dirasakan sangat penting bagi peserta sosialisasi untuk memberikan pengetahuan mengenai Pemilu 2019.

Selain itu, Relawan Demokrasi basis kebutuhan khusus juga memberikan pemahaman Dapil setempat mengingat mayoritas santri yang berasal dari luar daerah Kabupaten Lumajang. (hes)