Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sebanyak 7 orang Pengurus Komunitas Tikus Pithi Daerah Lumajang beraudiensi ke Kantor KPU Kabupaten Lumajang. Kedatangan mereka meminta kepada KPU menyampaikan aspirasi agar pengusulan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden bias diusung dari perseorangan. Aspirasi tersebut disampaikan langsung oleh Dewan Penasehatnya, Nandir yang sekaligus menjadi juru bicara komunitas tersebut. Penyampaian aspirasi yang diterima langsung Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Lumajang di Ruang Rapat Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung” KPU Kabupaten Lumajang, Jl. Veteran 70 Lumajang, hari ini kamis (3/1).

Sebelum menyerahkan secara tertulis aspirasi mereka, Nandir mengatakan meski secara tahapan Pemilu Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 sudah selesai, namun pihaknya ingin menyampaikan aspirasinya melalui ke KPU sebagai lembaga negara yang mempunyai otoritas dalam penyelenggara Pemilu. “Kita paham bahwa proses pencalonan presiden sudah selesai, tapi kami ingin menyampaikan langsung kepada KPU bahwa pencalonan presiden bisa diusulkan oleh perseorangan tak hanya oleh partai politik” ujarnya.

Pihaknya berharap penyampaian ini hari ini serentak dilakukan dibeberapa daerah termasuk di Lumajang. Sehingga dirinya meminta aspirasi ini akan dserahkan secara tertulis dan berharap KPU Lumajang bias menyampaikan kepada KPU RI.

Menjawab keinginan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah berjanji akan meneruskan semua aspirasi yang disampaikan Komunita Tikus Pithi ini kepada KPU RI melalui KPU Provinsi, meski pihaknya meragukan apakah aspirasi ini bisa terealisasi sekrang. Pasalnya, tahapan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden sudah ditetapkan pada bulan September 2018 lalu. Sehingga pihaknya hanya mampu menyampaikan semua aspirasi namun tidak punya otoritas dalam membuat kebijakan terkait pencalonan presiden dan wakil presiden. “Ini ranah KPU RI, kami di KPU Kabupaten hanya melaksanakan tugas diberikan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk instruksi KPU” tegasnya.

Usai beraudiensi, secara tertulis aspirasi yang dibacakan kemudian diserahkan secara langsung kepada Ketua KPU Kabupaten Lumajang disaksikan anggota KPU Kabupaten Lumajang dan anggota Komunitas Tikus Pithi yang hadir. (res)