Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Koordinasi antar lembaga terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang dengan sejumlah isntansi pemerintah di daerah. Seperti yang dilakukan hari ini selasa (10/4) bertempat di Kantor KPU Lumajang Jalan Veteran 70 Lumajang, saat mendapat kunjungan dari Badang Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lumajang. Pasalnya, dalam penyelenggaraan Pemilihan ini tak hanya menjadi tanggungjawab KPU semata tapi ada sisi lain juga menjadi tanggungjawab beberapa pihak khususnya Pemkab yang juga bertanggungjawab dalam meninggkatkan partisipasi masyarakat sesuai ketentuan yang ada di UU 10 tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati Lumajang dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Siti Mudawiyah Ketua KPU Kabupaten Lumajang menjelaskan kedatangan tamu dari Bakesbangpol Kabupaten Lumajang tak lain untuk koordinasi pelaksanaan Pemilihan Serentak yang sudah memasuki tahapan krusial. Selain itu saling memberikan masukan terkait kondisi dan situasional masyarakat dalam menghadapi Pilkada ini. “Banyak masukan yang kita terima khusunya untuk peningkatan partisipasi masyarkat. Secara umum situasi Pilkada kondusif meski sekarang masuk tahapan kampanye yang cukup krusial” jelasnya.

Tak luput dari bahan masukan, dua debat yang telah dilaksanakan juga mendapat pujian karena berjalan aman tanpa ada kejadian yang menghambat kelancaran debat. Meski ada beberapa persoalan teknis yang kurang, tapi secara umum pelaksanaan debat sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Lumajang dengan lebih memahami visi dan misi masing-masing Paslon. “Prinsipnya debat berjalan sukses dan yang terpenting masyarakat bisa menikmati sajian visi dan misi Paslon sebagai bahan masyarakat untuk memilih nanti pada 27 Juni 2018” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Ketua KPU Lumajang di dampingi dua Anggota KPU dan Sekretaris KPU Lumajang juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Baksebangpol telah memberikan ruang kepada KPU Lumajang untuk terus bekerjasama dalam menyukseskan Pemilihan serentak 2018.