Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kecamatan Tempursari Lumajang antusias mengikuti sosialisasi Pemilu 2019 yang dikemas dalam KPU Goes To School yang digelar KPU Kabupaten Lumajang. Agenda yang digelar di Aula SMKN ini menitikberatkan pada pendidikan pemilih KPU kepada pelajar agar seluruh siswa yang notabene pemilih pemula memahami sel;uruh tahapan kepemiluan yang berorientasi menjadi pemilih cerdas saat mencoblos pada Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019 nanti.

Makanya materi yang disampaikan tak hanya meliputi tahapan Pemilu saja, namun KPU Kabupaten Lumajang langsung mengajak siswa-siswi untuk mengenal lebih dekat siapa penyelenggara Pemilu serta apa saja tugas dan fungsinya. Selain itu sebagai pemilih milenial tak lupa KPU juga mengajak mereka untuk mengecek secara langsung apakah sudah terdaftar dalam DPT Pemilu melalui perangkat yang sudah disediakan oleh operator KPU.

Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Yusuf Adi Pamungkas yang menjadi narasumber langsung mengajak dialog peserta dengan menanyakan penyelenggara Pemilu siapa saja. Siswa pun dengan antusias menjawab meski tak semua jawaban sesuai urutan dari tingkat pusat hingga daerah. Setelah mendengar jawaban yang masih rancu, Yusuf kemudian menjelaskan satu persatu penyelenggara Pemilu khususnya KPU dan jajaran kebawahnya. “KPU secara hirarkis dari pusat ada KPU RI, KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota ini yang tetap. Sedangkan yang sementara ada PPK, PPS dan KPPS” kata Yusuf, senin (10/12).

Kemudian Yusuf melanjutkan sosialisasi untuk mengenali peserta Pemilu yang ikut dalam kontestasi pada Pemilu 2019 ini. Banyak dari peserta yang bertanya tentang pembagian daerah pemilihan untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Usai materi KPU memberikan door prise bagi siswa-siswi yang bisa menjawab pertanya seputar Pemilu 2019. “Mereka antusias menjawab semua pertanyaan KPU”. Ungkapnya.

Bahkan untuk doorprise yang cukup besar, Yusuf meminta siswa maju menyanyikan jingle Pemilu 2019 yang sebelum diputarkan agar siswa bisa menrirukan dengan musik versi karaokenya. Tak ayal sejumlah beradu untuk berlomba menyanyikan lagu Jingle Pemilu 2019. Selain diikuti ratusan siswa-siswi SMKN Tempursari peserta lainnya berasal dari 3 (tiga) Sekolah Menengah Atas Tempursari lainnya yang masing-masing sekolah mendelegasikan 25 orang peserta. (res)