Bojonegoro, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Evaluasi tahapan Pemilu 2019 di penghujung tahun 2018 ini. Rapat ini dilakukan selain mengevaluasi semua kegiatan yang dilakukan masing-masing divisi, juga untuk membangunkan kembali semangat KPU kabupaten/kota agar tidak turun. Hal ini disampaikan Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito saat membuka rapat yang digelar di Hotel Aston Bojonegoro, Kamis (27/12). Dalam kesempatan yang sama Eko Sasmito mengajak semua peserta rapat, antara lain Ketua dan Anggota KPU kabupaten/kota beserta sekretarisnya untuk menyampaikan permasalahan yang muncul di daerah masing-masing saat menjalankan tahapan pemilu selama tahun 2018.
“Permasalahan itu nanti akan digodok masing-masing divisi, dengan memunculkan solusi atau rekomendasi pada setiap permasalahan” ujarnya. Sebab selama ini mantan Ketua KPU Kota Surabaya ini melihat masih ada saja permasalahan yang muncul di tiap KPU kabupaten/kota. Sehingga perlu didiskusikan untuk mencari solusinya. Apalagi menurutnya, terkadang diantara kabupaten/kota ada permasalahan yang berbeda, namun sudah ada solusinya. “Harus saling memberikan solusi untuk kebaikan kedepan” pinta Eko panggilan akrabnya.
Di rapat evaluasi inilah menjadi sarana yang tepat bagi KPU kabupaten/kota untuk berbagi permasalahan beserta solusinya. Di samping itu, KPU Jatim ingin memastikan semangat di penghujung tahun apa masih tinggi atau menurun. “Kalau sudah ada solusi setiap masalah, pastinya tahapan pemilu di tahun 2019 akan lebih baik” katanya.
Dia berharap penghujung tahun 2018 jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan sebagai penyelenggara pemilu. Namun harus menjadi evaluasi bersama untuk semangat baru di awal tahun baru 2019 nanti. “Kami ingin pastikan kawan-kawan tetep semangat menjalani tahapan pemilu di akhir tahun 2018 ini” harap Eko.
Selain dihadiri KPU kabupaten/kota se-Jatim, seluruh komisioner KPU Jatim beserta pejabat di sekretariat KPU Jatim iku mendampingi dalam rapat evaluasi selama 2 hari (Kamis-Jum’at, 27-28/12) nanti akan dihadiri oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. (res)