Madiun, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, hari ini rabu (19/12) menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Anggaran Pemilu Tahun 2019. Rakor yang dilaksanakan di Hotel Aston Kota Madiun ini melibatkan 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jatim, mulai tanggal 19-21 Desember 2018 termasuk diantaranya KPU Kabupaten Lumajang, Ketua dan Anggota KPU Lumajang didampingi Sekretaris KPU Lumajang. Ketua KPU Jatim Eko Sasmito yang membuka secara langsung acara tersebut menyampaikan bahwa tantangan Penyelenggara Pemilu di tahun 2019 yang tinggal beberapa hari lagi akan semakin bertambah. Pasalnya, KPU sebagai penyelenggara Pemilu harus mampu menunjukkan kepercayaan publik ditengah isu-isu miring tentang kebijakannya yang dianggap kontroversial.
Namun demikian Eko menyebutkan, satu demi satu keputusan yang dianggap kontrversi tersebut mampu dilewati KPU dengan melaksanakan tahapan secara profesional dan transparan. Ini menunjukkan bahwa KPU di semua tingkatan bekerja sungguh-sungguh dengan tetap memedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Apapun isu miring yang menimpa KPU seperti 31 juta DPT siluman bisa diatasi dengan kerja keras kita semua. Ini tak lepas dari semangat kinerja PPS, PPK, KPU kabupaten/kota, KPU Provinsi dan KPU RI” ujarnya.
Untuk itu pihaknya meminta, agar ritme kerja semua penyelenggara Pemilu, khususnya KPU Kabupaten/Kota harus stabil. Sebab, di tingkat kabupaten/kota inilah pengendali langsung kinerja PPK, PPS hingga KPPS. “KPU kabupaten/kota harus terus mensinergikan dengan bawahannya, agar ritme kerja tahapan bisa berjalan sesuai koridor tidak timpang atau berat sebelah” pinta Ketua KPU Jatim.
Diakhir sambutannya Ekso Sasmito berharap kepada seluruh peserta rapat yang terdiri dari Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Jatim yang juga didampingi Sekretarisnya agar mengikuti jadwal Rakor. Sebab ini menyangkut pencermatan RKA/KL untuk masing-masing satuan kerja pada anggaran tahun 2019. “Nanti kita bagi pencermatan RKA/KL sesuai divisi KPU Kabupaten/Kota. setelah itu diparipurnakan dalam Rapat berikutnya hasil dari pencermatan masing-masing divisi” pungkasnya. (res)