Surabya,kpud-lumajangkab.go.id – Debat Publik Kedua untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Debat publik yang difasilitasi KPU Provinsi Jawa Timur, selasa (8/5) di Dyandara Convention Centre Surabaya di Jalan Basuki Rachmat. Dan dimoderatori Aiman Witjaksono dan Avian Malik. Debat kedua yang diikuti kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim ini berlangsung seru dengan adu ide dan gagasan dari masing-masing Paslon.

Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Data Choirul Anam mengatakan yang membedakan debat pertama dan kedua adalah tim panelis yang berbeda. “Untuk panelis yang sekarang lebih berbobot dari pada yang sebelumnya,” kata Anam.

Selain itu ujar Anam, dalam debat kedua ada suasana yang berbeda dibandingkan dengan debat sebelumnya. Sebab KPU Jatim akan menampilkan tim panelis secara langsung untuk membacakan pertanyaan yang telah dipilih oleh kedua paslon.

“Untuk tim panelis akan maju ke panggung dan membacakan materi yang telah dipilih oleh kedua paslon,” ujar Anam.

Dalam debat kedua Cagub Jatim, KPU memberikan batasan untuk para pendukung tiap paslon yang akan masuk ke dalam ruang debat. Setiap paslon, hanya diperbolehkan membawa 150 orang pendukung. Debat Cagub Jatim diikuti dua pasangan calon Pilgub Jatim 2018. Paslon nomor 1 yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan paslon nomor 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Sesuai yang telah ditetapkan KPU Provinsi Jawa Timur Debat kedua ini akan diikuti kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Yakni Paslon nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Sulistianto Dardak dan Paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.