Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tingkat Provinsi telah digelar di KPU Jatim pada Selasa (19/2), di Hotel Narita Surabaya.

Rapat tersebut dihadiri oleh 7 Komisioner KPU Provinsi Jatim dan Ketua dan Anggota KPU kabupaten/kota di seluruh Jatim, serta diawasi oleh seorang anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Menurut Syamsul Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Lumajang, rapat pleno berjalan dengan lancar. Hasil penyusunan DPTb tahap pertama yang telah disahkan pada Rapat Pleno tingkat Kabupaten, Senin (18/2) berhasil disetujui oleh KPU Provinsi. KPU Jatim telah menetapkan jumlah pemilih dalam DPTb tahap pertama sebesar 30.956.067 pemilih.

“Alhamdulillah, rapat pleno berjalan lancar. Semua daftar peserta pemilih tambahan (DPTb) telah disetujui dan disepakati oleh KPU Provinsi,” jelas Syamsul.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Provinsi memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh KPU Kabupaten/Kota yang telah aktif melakukan berbagai kegiatan suksesi Pemilu.

Namun, KPU Provinsi berharap kegiatan suksesi Pemilu terus digencarkan terutama dalam perihal pendataan daftar pemilih khusus.

“KPU Kabupaten/Kota dituntut bekerja lebih keras lagi untuk memenuhi Daftar Pemilih Khusus (DPK),” lanjutnya.

Sebelumnya, Rapat Pleno Tingkat Kabupaten berhasil menetapkan total jumlah pemilih di sebaran desa yang ada DPTb sebesar 835.238 pemilih. Ada penambahan sebanyak 185 Pemilih dari DPTb yang sebelumnya sebesar 835.053.

Dalam proses penetapan tersebut, KPU Lumajang mencocokkan data bersama PPK dan diawasi langsung dua orang anggota Bawaslu Kabupaten Lumajang, Ahmad Mujaddid MR dan M. Yunus. (hes)