Lumajang, Kpud-Lumajangkab.go.id – KPU Kabupaten Lumajang menyelenggarakan rapat pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya sempat tertunda . Bertempat di Kantor KPU Lumajang rapat pleno dimulai pada pukul 12.00 wib yang dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten Lumajang, Dispendukcapi, Kesbangpol, Tim sukses Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Tim sukses Bupati dan Wakil Bupati Lumajang dan PPK Se- Kabupaten Lumjang. Rapat ini dipimpin langsung oleh Komisoner Divisi Perencanaan dan Data Syamsul.

Syamsul nenjelaskan Untuk Pilkada 27 Juni mendatang sudah ditetapkan jumlah pemilih tetap sebanyak 812.479 orang. Jumlah ini terdiri dari 395.709 laki-laki dan 416.770 perempuan. Sementara 3 ribu warga lebih, yang sebelumnya sudah terdata pada daftar pemilih sementara, akhirnya harus dicoret dari Daftar  Pemilih tetap karena belum memiliki E-KTP.

“Sebenarnya yang 3 ribu sudah terdata. Tetapi ketika kita lakukan klarifikasi dengan Dinas Kependudukan, ternyata ada 3 orang yang belum memiliki E-KTP dan belum melakukan perekaman E-KTP. Sesuai dengan ketentuan, yang bersangkutan tidak bisa ditetap dimasukkan dalam daftar pemilih tetap,” kata Syamsul. Kamis (19/4/2018)

Diakui Syamsul, dibandingkan dengan pelaksanaan Pilpres 2014 lalu, jumlah pemilih untuk Pilkada tahun ini menurun. Pada Pilpres yang lalu tercatat 836.598 warga. Jumlah ini menurun sebanyak 24.119 pemilih untuk Pilkada juni mendatang.

Untuk 3  ribu  warga yang belum memiliki E- KTP masih ada peluang untuk   menyalurkan hak suaranya Karena KPU tidak bekerja sendiri, kami bermitra dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang . “Masih bisa asal membawa surat keterangan dari Dinas Kependudukan, dan nantinya akan dimasukkan dalam daftar pemilihan tambahan,” Teranya.