Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id –Satuan Tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (Satgas SPIP) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang mempersiapkan kartu kendali dan Laporan SPIP Triwulan 4 Tahun 2020 sekaligus persiapan laporan tahunan 2020, Selasa (15/12).

Kegiatan yang dikemas dalam rapat internal ini berada di bawah arahan Divisi Hukum dan Pengawasan serta koordinator Subbagian Hukum berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 443/Kpts/KPU/TAHUN 2014 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum.

“Kegiatan berkala semacam ini rutin dilakukan setiap triwulan dengan tujuan bahwa kita ingin memastikan sejauh mana peningkatan kinerja, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, transparansi, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan di internal Sekretariat KPU Kabupaten Lumajang sudah dijalankan dengan benar dan sesuai prosedur,” terang Mudawiyah Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Hukum dan Pengawasan.

Lebih lanjut Mudawiyah menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut melekat pada setiap bidang seperti SDM, Keuangan, BMN, Program, Logistik, Teknis, dan Hukum.

Kegiatan penyusunan Laporan SPIP Triwulan 4 ini dimulai dengan pengisian kartu kendali SPIP tingkat KPU Kabupaten Lumajang yang dilaksanakan rutin di minggu pertama dalam forum rapat pleno setiap bulannya. Macam – macam kartu kendali SPIP terdiri dari kendali bidang kepegawaian, anggaran, pengadaan barang dan jasa, realisasi keuangan, perjalanan dinas, SAKIP, persediaan dan aset BMN, matriks tindak lanjut Hasil Pemeriksaan.

Dari kartu kendali tersebut dapat dipantau apakah implementasi tugas dan fungsi KPU Kabupaten Lumajang sebagai penyelenggara Pemilu telah terlaksana secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Selain itu, kartu kendali juga merupakan media pertanggungjawaban kegiatan dari Sekretariat kepada Komisioner dan media monitoring pengawasan dan pembinaan dari Komisioner ke jajaran Sekretariat.

Ketua Satgas SPIP yang menjabat sebagai Kasubag Hukum, Arif Setiawan, juga menyampaikan dalam laporannya kepada Komisioner, bahwa acara rapat internal kali ini sebagai bahan acuan untuk penyusunan laporan tahunan SPIP KPU Kabupaten Lumajang.

Arif mengharapkan kerjasama dari semua subbagian untuk membuat catatan-catatan pelaporan realisasi kegiatan serta kendala yang dihadapi. Saran, masukan, dan rekomendasi penting lainnya juga dapat digunakan sebagai bahan pengisian laporan tahunan. Distribusi laporan baik laporan triwulan maupun laporan tahunan ditujukan kepada Sekretaris Jenderal KPU RI selaku penanggung jawab Satgas Penyelenggaraan SPIP KPU RI, dengan tembusan kepada Inspektur Setjen KPU RI. (muda/admin)