Manado, kpud-lumajangkab.go.id – KPU Kabupaten Lumajang menghadiri Konsolidasi Regional Peningkatan Partisipasi Masyarakat Gelombang II yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara pada 12-14 September 2019.

Konsolidasi Regional (Konreg) II ini diikuti oleh KPU Provinsi Sulawesi Barat, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, KPU Provinsi Gorontalo, KPU Provinsi Maluku, KPU Provinsi Maluku Utara, KPU Provinsi Papua Barat, KPU Provinsi Jateng, KPU Provinsi Jatim beserta Anggota dan Kasubag KPU Kabupaten/Kota masing-masing wilayah yang membawahi divisi partisipasi masyarakat, sosialisasi, dan pendidikan pemilih.

Pembukaan Konreg II digelar di Graha Gurbenuran, Bumi Beringin, Manado pada Kamis (12/9).

Dalam pembukaan tersebut, hadir Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Ketua Komisi II DPR-RI, Ketua DKPP, Ketua Bawaslu RI, dan anggota KPU-RI.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman di Graha Gurbenuran, Bumi Beringin, Manado.

Dalam sambutannya, Arief Budiman menyampaikan bahwa KPU RI mendapat banyak kunjungan dari penyelenggara Pemilu mancanegara.

“Pelaksanaan Pemilu 2019 kemarin dianggap sukses, karena merupakan Pemilu serentak pertama dengan banyak peserta Pemilu,” kata Arief.

Arief juga menambahkan bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 kemarin berjalan lancar, aman, damai, serta mengalami peningkatan parmas yang melebihi target.

“Walaupun di beberapa daerah terdapat konflik, namun hal tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Semua berkat kerjasama yang baik antara pihak penyelenggara dengan Bawaslu, kepolisian, serta pihak pemerintah,” tambahnya.

Arief juga menyampaikan evaluasi mengenai proses SITUNG yang dinilai masih cukup lambat.

Sehingga memunculkan banyak tuduhan yang tidak benar dari massa.

“Ke depannya, saya harap proses tahapan Pemilu yang ada tetap mengedepankan keterbukaan informasi publik,” pesan Arief di akhir sambutannya. (hes)