Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melalui Satuan Tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (Satgas SPIP) mengikuti Rapat Evaluasi Pengisian Kartu Kendali dan Laporan Triwulan SPIP yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur (8/10) secara virtual.

Rapatyang digelar secara virtual ini merupakan tindak lanjut dari Surat KPU RI Nomor 157/PW.02/11/2021 tanggal 9 September 2021 perihal Evaluasi atas Pengisian dan Pelaporan Kartu Kendali SPIP  pada KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten/Kota wilayah Jawa Timur periode Januari sampai Juli 2021.

Hadir dalam rapat evaluasi dari KPU Jatim yaitu Divisi Hukum dan Pengawasan, Sekretaris, Koordinator HTH, Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan di 38 (tiga puluh delapan) KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, sekretaris, Sub Koordinator serta operator SPIP.

Dalam Rapat Evaluasi ini, KPU Jatim menghadirkan nara sumber dari Inspektorat KPU RI, Mohammad Ali Imron dan Morgan Dhuanovawati (Inspektur Wilayah II) guna menyampaikan materi sekaligus hasil monitoring dan evaluasi kartu kendali SPIP periode bulan Januari sampai dengan Juli 2021.

Acara rapat yang digelar oleh KPU Jatim ini dibuka langsung oleh M. Arbayanto, S.H, M.H selaku pengampu Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jawa Timur. Lebih lanjut dalam sambutannya Arbayanto menekankan bahwa kegiatan SPIP ini merupakan salah satu dari sekian kegiatan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota dimasing-masing satker guna penguatan konsolidasi internal. Dari laporan kegiatan SPIP ini baik kartu kendali yang dilakukan setiap bulan dan Laporan Tri Wulan merupakan mekanisme kontrol atas kinerja dan performa kelembagaan.

Pada kesempatan yang sama, Nanik Karsini selaku Sekretaris KPU Jatim juga menyampaikan bahwa pelaksanaan SPIP dimasing-masing satker yang ada di Jatim terus dioptimalkan. Kerja antar sub bidang menjadi hal penting demi terwujudnya laporan SPIP yang akurat, efisien dan akuntabel. “Bila pada saat ini capaian total presentase penyampaian Kartu Kendali SPIP dari januari sampai bulan Juli 2021 untuk wilayah Jawa Timur sebesar 86,82%, maka bulan-bulan berikutnya saya optimis capaian penyampaian SPIP kita 100 %.

Lebih lanjut acara evaluasi ini dipandu langsung oleh Koordinator Hukum, Teknis, dan Hupmas Dewi Yulyani. Sebelumnya Dewi menyampaikan laporan pelaksaanaan kegiatan terkait SPIP yang sudah dilakukan KPU Jatim beberapa waktu lalu kepada Inspektur KPU RI. Nara Sumber pertama dibawakan oleh Ali Imron terkait monitoring dan evaluasi laporan kartu kendali mulai bulan Januari sampai Juli. SPIP tahun 2021. Nara sumber kedua “Morgan” menjelaskan mekanisme dan tata cara pengisian  kartu kendali berikut data dukungnya, serta penyelenggaraan SPIP.

Diakhir acara diadakan sesi tanya jawab yang cukup kooperatif dari para peserta. Diharapkan kegiatan serupa antara Inpektur Wilayah II dan KPU Kabupaten/ Kota se Jawa Timur bisa dilaksanakan secara rutin guna penguatan kelembagaan ke depannya.

 

mwd/mwd/ red