Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melantik 3.281 Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak, mulai Kamis (28/3) hingga Jum’at (29/3). 

Pelantikan yang dilakukan Ketua PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Lumajang di wilayah kecamatan masing-masing.

Pelantikan ini merupakan tindaklanjut dari pembentukan KPPS Pemilu tahun 2019.

Muhammad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM menjelaskan bahwa hanya Ketua KPPS saja yang dilantik.

“Usai dilantik, Ketua KPPS menandatangani pakta integritas sebagai bentuk tanggung jawab kerja sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” terang Ridho di Kantor KPU Lumajang.

Pelantikan Ketua KPPS ini berdasarkan Surat Keputusan KPU Lumajang yang ditandatangani langsung oleh Ketua PPS atas nama Ketua Ketua KPU kabupaten.

“Sedangkan 6 anggota KPPS yang lain akan dilantik pada tanggal 17 April nanti, bersamaan dengan petugas ketertiban TPS di hari Rapat Pemungutan Suara Pemilu 2019,” tambahnya. 

Usai dilantiknya Ketua KPPS, KPU berharap nantinya dapat melakukan bimbingan teknis terkait dengan kesiapan proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Sehingga nanti pada tanggal 1 April sudah bisa dilakukan bimtek secara resmi kepada Ketua dan anggota KPPS di 3.281 TPS yang tersebar di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (hes)