Lumajang,Kpud-Lumjangkab.go.id- Tahapan Pilkada Kabupaten Lumajang sudah memasuki proses pelipatan persortiran surat suara, KPU Kabupaten Lumajang terus berkomitmen untuk melibatkan komunitas penyandang disabilitas dalam setiap acara yang dibuat oleh KPU Kabupaten Lumjang, hal ini terlihat saat pada saat pelipatan, persortiran surat suara untuk Pilkada Jatim dan Pilkada Kabupaten Lumajang.

 “Dari sekitar 350 pekerja, delapan orang diantaranya adalah penyandang disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Lumajang yang juga ikut dalam pelipatan surat suara ini”, ungkap Yusuf Adi Pamungkas, Komisioner KPU Lumajang

Sementara itu, salah seorang penyandang disabilitas menyambut baik pelibatan mereka dalam pelipatan ini, karena KPU Lumajang telah memberikan ruang yang sama bagi kelompok disabilitas.“Saya sebagai difabel sangat senang sekali bisa dilibatkan, karena meskipun kita seperti ini, kita juga bisa berbuat yang sama dengan orang lain,” kata Alfia Lestari, salah satu penyandang disambilitas.

Lebih lanjut, seorang penyandang cacat tersebut berharap pada pemilihan kepala daerah mendatang, KPU selain melibatkan dalam proses pelipatan juga menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mudah diakses oleh para penyandang disabilitas.

“Paling tidak pemerintah jadi tahu tentang kebutuhan kita mas, terutama soal fasilitas umum jika soal Pilkada misalnya ada TPS yang akses, atau surat suara yang braile kemudian kebutuhan yang lain yang berkaitan dengan pilkada ini,” tambahnya.

Setelah dilakukan pelipatan, akan diketahui jumlah total surat suara yang rusak. KPU Lumajang selanjutnya akan mengirim surat ke KPU Jatim, agar segera mengganti surat suara yang rusak tersebut.