Lumajang,Kpud-Lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang menggelar Deklarasi Damai serentak yang  juga dilakukan  171 Derah yang melaksanakan Pilkada serentak  tahun 2018, Deklarasi Damai di Kabupaten Lumajang dilaksankan di Stadion Semeru  pukul 08.00 wib dengan mengudang tiga pasangan calon yaitu nomor urut satu H.Thoriqul Haq MML dan-Ir.Indah Amperawati Msi nomor urut dua Drs As’at M.Ag –  H.Thoriq dan nomor urut tiga H.Rofik SH.MH – Ir.Nurul Huda dengan melibatkan 50 orang pendukung dari masing–masing calon.

Dalam sambutanya ketua KPU Lumajang menyampaikan bahwa  Deklarasi kampanye damai ini merupakan bagian dari tahapan Pilkada 2018 di Kabupaten Lumajang, agar dalam masa kampanye hingga tahapan pemungutan suara berlangsung aman dan damai, “Kampanye damai merupakan tujuan bersama sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga kondusifitas Pilkada” kata Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah dalam sambutannya di halaman Stadion Semeru Lumajang, Minggu (18/2/2018).

Lebih lanjut Mudawiyah mengatakan, pemilih yang cerdas pemilih yang mampu menangani visi dan misi masing-masing pasangan calon. “Pemilih yang cerdas yang tidak mudah diiming-iming money politik dan pemilih yang cerdas adalah yang tidak takut diintimidasi dan tidak dipengaruhi hak pemilih suaranya,” pungkasnya.

Setelah sambutan Ketua KPU Kabupaten Lumajang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Deklarasi Damai yang dibacakan oleh ketua KPU Kabupaten Lumajang  kemudian diikuti oleh Ketiga paslon serta tanda tangan siap menang dan siap kalah. Serta melaksanakan kampanye damai hingga akhir pelaksanaan dan penetapan. Penandatanganan ini disaksikan juga oleh KPU dan Panwaslu, Polres Lumajang beserta para Ketua dan Sekretaris masing-masing tim kampanye para pasangan calon.

Setelah  melakuakan ikrar dan penandatangan  kemudian dilakukan pelepasan burung merpati oleh ketiga pasangan calon dan diikuti pelepasan balon oleh sekretaris KPU Kabupaten Lumajang, pendukung ketiga paslon dan Anggota PPK Se- Kabupaten Lumajang  setelah itu lanjutkan dengan pawai keliling dengan dibatasi maksimal 10 mobil dari masing –masing pasangan calon, strat di Stadion Semeru dan kembali lagi Finish di Stadion Semeru .