Setelah dilantiknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018, KPU Lumajang mengadakan Rapat Kerja dalam rangka menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 yang bertempat di Hall Amanda di Jalan Panjaitan no 1 Lumajang. Pada acara ini hadir 105 PPK dari 21 kecamatan yang berada di Kabupaten Lumajang.

Hadir dalam Rapat ini Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah yang juga Divisi Teknis, beserta Anggota dari Divisi SDM dan Parmas Ridhol Mujib, Divisi Perencanaan dan Data Syamsul, Divisi Hukum Rudy Hartono dan Divisi Keungan Umum dan Logistik Yusuf Adi Pamugkas , selain itu juga dihadiri oleh Sekretaris KPU Kabupaten Lumajang Mansur Hasan yang juga bertindak sebagai Moderator dalam acara Rapat kerja ini.
Pada kesempatan Siti Mudawiyah juga menyampaikan agar kedepannya tidak saja mengadakan rapat di kota tetapi juga bisa bergantian di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang. Selain itu Siti Mudawiyah selaku Divisi Teknis menyapaikan “jumlah batas TPS maksimal 800, namun pada Pilkada 2018 kita menggunakan batas maksimal 475, nanti ini tugas PPK terkait dengan pembentukan PPS mulai dari sekarang dirapatkan peta peta wilayahnya pada masing-masing desa kaitannya dengan pembentukan TPS karena kita yang akan membagi pada masing masing wilahnya” ujarnya.

Selain itu juga pada kesempatan itu Syamsul selaku Divisi Perencanaan mengungkapkan untuk ” jumlah Tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Lumajang berjumlah 1872 TPS dan untuk Petugas Pemutakiran Data Pemilih (PPDP) yang dibutuhkan 1872 orang tapi dengan catatan jika jumlah tersebut disetujui oleh KPU Provinsi” dalam Pilkada ada dua tahapan antara lain tahapaan persiapan yang sudah dilalui, dan sekarang proses ke tahapan penyelenggaran yang akan digelar pada tanggal 27 juni 2018. Kemudian acara selanjutnya diisi dari Bank BRI untuk pembukaan Rekening sebagai penampung honor PPK.