Lumajang,Kpud-lumajangkab.go.id – Setelah selesainya Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP)  Tingkat PPS dan PPK, yang kemudian akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) melalui Rapat Pleno Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat KPU Kabupaten pada Rabu( 14/03/2018) yang bertempat di  Hall Hotel Aby Jl Soekarno Hatta Lumajang.

Sebelum KPU Kabupaten Lumajang menggelar penetapan tersebut, seluruh Ketua dan Divisi Perencanaan dan Data PPK se-Kabupaten Lumajang mengikuti Rapat Kerja Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Sementara untuk menyiapkan teknis pembacaan Rekapitulasi oleh masing-masing PPK. Pasalnya, pada saat rekapitulasi  akan dihadiri Tim Kampanye dari 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018.

Sehingga dalam sambutanya Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah menyampaikan  bahwa Rapat Kerja PPK ini sebagai bentuk penyamaan persepsi  dalam melaporkan hasil  pelaksanaan Rapat Pleno yang sebelumnya dilaksanakan di tingkat desa maupun Kecamatan. “Secara teknis tidak jauh beda dari rekap tingkat PPK dan PPS, namun biasanya yang hadir Tim Kampamye tingkat kabupaten lebih kritis” ujarnya.

Mudawiyah menegaskan semua data-data hasil rekapitulasi harus sudah siap saat dibacakan dihapadapan Panwaslu dan stakeholder yang lain. “Semua data harus singkron jangan sampai belum siap apalagi tidak bisa menjawab saat ditanya Panwaslu ataupun Tim Kampanye yang pastinya aka  mempertanyakan hasil rekap PPK” tegas Ketua KPU Lumajang.

Selaku pemimpin rapat Syamsul Komisioner Dvisi Perencanaan dan Data juga menyampaikan untuk pembacaan DPS di tingkat Kabupaten yang akan dibacakan oleh masing masing anggota PPK adalah form AB2, AC2 dan A.1 dengan membacakan jumlah Laki-Laki dan Perempun dan jumlah total pada masing –masing Kecamatan. ”Saat bacakan angkanya harus jelas antara laki-laki dan perempuan sehingga kalau dijumlahkan hasilnya sesuai tidak berkurang apalagi bertambah” terangnya saat memberiakan arahan sebelum rapat.

Nantinya Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan dilaksanakan pada hari Rabu (15/3/2018) dengan mengundang Panwas, Dinas Instansi Terkait dan Tim Pemenangan 3 Paslon untuk mendengarkan pembacaan DPS dari masing masing kecamatan. Syamsul menambahkan untuk pembacaan DPS  secara resmi masing masing anggota diwajibkan membaca Form yang sudah di tanda tangani dan tidak perkenankan menggunkan handphonne atau laptop.