Lumajang,Kpud-Lumajangkab.go.id– Dalam rangka menyongsong satu tahun Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak  Tahun 2019, KPU Kabupaten Lumajang Menggelar Seni Budaya Menyongsong satu Tahun 2019 di Lapangan Curah Petung Kecamatan Kedungjajang,  Acara ini diawali dengan pawai  mobil dari enam belas partai politik peserta pemilu 2019 yang start di Kantor KPU Lumajng, dan finisih di Lapangan Curah Petung.

Katua KPU Luamajang Siti Mudawiyah menyampaikan bahwa kegiatan gelar seni serentak dilaksanakan oleh seluruh KPU mulai dari KPU RI, KPU Provinsi sampai dengan KPU Kota/Kabupaten seluruh Indonesia “Kegiatan ini merupakan sosialisai agar masyrakarat mengetahui tanggal pemungutan suara  pada tanggal 17 April 2019 dan untuk mengenalkan partai politik peserta pemilu 2019” ujaranya. Sabtu (21/4/2018)

Gelar seni budaya ini menampilkan berbagai tarian tradisonal diantaranya Jaranan, tari macan dan leyak bali, tari garuda, tari jatil, tari buto, tari kucingan dan tari barong ndadi  dalam acara ini juga dibagikan berbagai doorprise untuk masyarakat, atusiasime masyarakat terlihat saat gelar seni budaya dari banyaknya masyarakat yang melihat gelar seni budaya ini. Dalam acara ini juga dikenalkan maskot dan jinggle pemilu 2019.

Sebagai Infomasi untuk Pemilu 2019 mendatang memiliki perbedaan dibanding Pemilu sebelumnya yang hanya memeilih DPR RI, DPD,DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota sedangkan Pemilu 2019  selain empat suara yang diberikan ditambah dengan satu surat suara yakni untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.