Lamongan,Kpud-Lumajangkab.go.id  Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Lumajang   Rudy Hartono menghadiri undangan Rapat KPU Provinsi  Jatim  terkait dengan   Rapat Koordinasi  tentang Verifikasi Perbaikan Faktual Kepengurusan dan Keanggotan  Partai Politik  tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur  Hadir  dalam Rakor ini Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito,dan Sekretaris KPU Jatim HM. Eberta Kawima  dan juga Komisioner  KPU divisi hukum  38 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur.  Rakor ini bertempat di Kantor KPU Kabupaten Lamongan  Jalan Raya Paciran No.70, Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutanya Ketua KPU jatim selaku Divisi Hukum Eko Sasmito mengungkapkan Rakor kali ini terkait  dengan pengurusan verifikasi Faktual serta paska putusan Mahmkamah Konstitusi (MK) partai politik  baik hasil putusan Banwaslu  yang pertama maupun yang kedua, calon peserta partai politik  pemilu 2019  atau yang sudah pernah mengikuti pemilu legislatif tahun 2014.

“verifikasi faktual ini untuk partai yang pernah mengikuti  pemilu 2014 akan ada perbedaan dari partai baru jika partai baru disampling  10 persen  dari jumlah keanggotan di setiaap kabupaten/kota, namun jika partai lama hanya 5 persen  dari total ke anggotaan  setiap Kabupaten/Kota“Ujarnya Selasa (23/1/2018)

Saat melakukan verivikasi Faktual mekanismenya ada yang berbeda jika  partai baru datang satu persatu kerumah anggota, tetapi jika partai yang sudah pernah mengikuti pemilu tahun 2014 akan dikumpulkan di kantor DPP atau DPC masing –masing. Selanjutnya tahapan verivikasi faktual untuk partai politik peserta pemilu 2014  pada tanggal 28 Januari 2018 untuk pengambilan nomer sempling dan untuk Pemilihan Umum  tahun 2019  yang akan  dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. (mm/rud)