Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) Pilgub jatim maupun Pilbup Lumajang sudah diebrsihkan oleh KPU Kabupaten Lumajang bersama penyelenggara dan stakeholder lainnya. Selama empat jam pembersihan APK dilakukan dengan mengerahkan sekitar 20 personil, dari Panwaslu, Dinas Perhubungan, dan Satpol-PP kabuapten Lumajang. Tepat pukul 00.00 minggu (24/6), tim yang terbagi menjadi dua bergerak mnyusuri jalan protokol yang terpasang APK Baliho maupun billboard. Tak satupun APK besar ini luput dari pembersihan KPU.

Muhamad Rdhol Mujib Anggota KPU Kabupaten Lumajang menjelaskan bahwa pembersihan APK ini harus selesai hari ini. Seluruh APK yang terpasang dibersihkan tanpa terkecuali, karena selama masa tenang dilarang ada kampanye dalam bentuk apapun. “Karena APK in termasuk bagian dari kampanye ya harus dibersihkan jelang masa tenang ini, tanpa terkecuali” ujarnya.

Hari ini KPU Kabuapten bersama Panwaslu dan stakeholder akan membersihkan baliho dan billboard yang terpasang di jalan-jalan protokol kabupaten. Sedangkan APK lain seperti umbul-umbul dan spanduk akan dibersihkan oleh PPK bersama Panwascam. Serta PPS dan PPL membersihkan APK spanduk di pelosok desa. “Kita bersihkan sesuai wilayahnya. Yang berat itu billbroad harus pakai mobil crane agar bisa dijangkau meskipun posisinya cukup tinggi dan sulit” kata Ridho

Dari total delapan APK baliho yang dipasang setiap Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, 5 diantaranya dalam bentuk billboard. Yang posisinya sangat sulit karena berada diantara tiang listrik yang banyak kabel listrik bertegangan tinggi. “Pembersihan billboard ini yang banyak makan waktu, bisa hampir 30 menit per billboard. Melepasnya harus hati karena banyak kabel bertegangan tinggi” teranganya.

Sebanyak 24 baliho/ billboard dengan ukuran masing kurang lebih 4×5 meter yang tersebar di empat kecamatan bisa dibersihkan selama 4 jam. Kemudian seluruh baliho akan disimpan di Kantor KPU Kabupaten Lumajang sebagai barang bukti