Lumajang,kpud-lumjangkab.go.id-Berbagai upaya telah dilakukan KPU Kabupaten Lumajang dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilgub Jawa Timur  dan Pilbup Lumajang Tahun 2018 ini. Salah satunya yakni dengan melakukan sosialisasi di berbagai kalangan masyarakat.

Seperti sosialisasi yang dilakukan kepada puluhan  ibu-ibu  Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kabupaten Lumajang, Kamis (10/5). KPU Kabupaten Lumajang yang diwakili oleh Divisi SDM dan Parmas M.Ridhol Mijib dan Divisi Perencanaan dan Data Syamsul dalam paparannya menyampaikan beberapa materi terkait hak pilih.

Syamsul Menjelaskan Meskipun ada warga yang belum di data, belum ada stikernya itu masih punya kesempatan untuk memilih dengan cara harus mempunyai KTP – el/ Surat Keterangan dari Dispendukcapil.”prinsipnya hak pilih itu harus sudah melakukan perekaman KTP Elektronik” Terang Syamsul pada sosialisasi di UPPKS.

Dia juga menambahkan tata cara mengurus surat pindah memilih. “Tanggal 27 Juni jika ingin mencoblos di kampung halaman, ibu-ibu harus mengurus pindah memilih dari sekarang dengan cara mengurus di Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan datang ke Balai Desa membawa KTP – el dan meminta Form A5 yang kemudian Form A5 tersebut di terbitkan oleh PPS dan harus dibawa ke PPS kampung halaman untuk di data agar bisa menyalurkan hak pilihnya pada 27 Juni.” Lanjut Syamsul. Pada sosialisasi tersebut, Syamsul berharap agar masyarakat ikut menjaga kondusifitas dan berpartisipasi pada Pilkada Jawa Timur pada tahun 2018, dengan memilih Paslon pada Pilgub Jatim yakni Paslon no.urut 1 Khofifah Indar parawansa dan Emil Elestianto Dardak, Paslon no.urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.