Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menuntaskan proses verifikasi kelengkapan dokumen santunan badan Ad-Hoc penyelenggara Pemilu 2019 pada hari ini, (26/6).

Proses verifikasi tersebut dilakukan karyawan KPU Lumajang ke rumah masing-masing badan Ad-Hoc penyelenggara Pemilu 2019 yang bersangkutan di 21 kecamatan se-Kabupaten Lumajang.

Kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi oleh badan Ad-Hoc yang mengajukan dana santunan antara lain seperti fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, surat keterangan dokter, resume medis, surat tanggung jawab mutlak oleh penerima santunan, dan fotocopy rekening.

Dari Kabupaten Lumajang, terdapat 3 anggota badan Ad-Hoc meninggal dunia dan 41 orang mengalami sakit berat, sedang maupun ringan.

“Beberapa dokumen santunan yang diajukan anggota badan Ad-Hoc masih ada kekurangan, umumnya pada dokumen resume medis,” ujar Yusuf Adi Pamungkas selaku Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Parmas dan SDM.

Ketika petugas KPU Kabupaten Lumajang melakukan verifikasi, pihak badan Ad-Hoc yang bersangkutan sudah tidak lagi menyimpan berkas yang dimaksud.

Sehingga, KPU Kabupaten Lumajang berupaya memenuhi kelengkapan dokumen tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak/instansi kesehatan terkait.

“Koordinasi dengan dinas kesehatan merupakan upaya kami untuk membantu anggota badan Ad-Hoc yang sempat mengalami kecelakaan kerja saat penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu,” tambah Yusuf. (hes)