Lumajang, Kpud-Lumjangkab.go.id – Memasuki masa pemungutan suara yang kurang lebih sekitar satau bulan lagi untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumajang  KPUKabupaten Lumajang mulai mengumumkan untuk pembentukan  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara( KPPS)  dalam mengumumkan pembentukan KPPS  ini KPU mengumumkan berjenjang dari PPK kepada PPS.

PPS mulai memasang pengumuman pendaftaran KPPS pada kantor/ balai desa yang tersebar di 205 desa yang ada di 21 Kecamatan Se-Kabupaten Lumajang, hal ini serentak dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh KPU Kabupaten Lumajang.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas M.Ridhol Mujib menyatakan “bahwa dengan dipasangnya pengumuman pendaftaran KPPS harapannya warga mau berperan aktif dan lebih antusias untuk menjadi bagian dari penyelenggara dalam pelaksanaan Pilkada pada 27 Juni mendatang” ujarnya Jumat (11/5/2018)

Pada pengumuman adapun syara tuntuk menjadi calon KKPS yang beberapa diantaranya, calon KPPS  harus Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 17 Tahun, selain itu calon KPPS harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.

Kemudian calon KPPS tidak menjadi anggota Partai Politik manapun, KPPS harus berdomisili dalam wilayah kerja KPPS, Calon KPPS tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatanhukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih, calon KPPS harus mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Serta ketentuan tegas bahwa KPPS tidak diperbolehkan berada dalam ikatan perkawinan dengan sesame penyelenggara pemilihan/pemilu dan syarat lain bahwa dalam membentu KPPS yakni belum pernah menjabat dua kali periode sebagai  KKPS.

Di setiap TPS akan ada tujuh orang petugas KPPS, dan ditambah duapersonel petugas ketertiban TPS.Untuk Kabupaten Lumajang sendiri jumlah ada 1.872 TPS. KPPS yang dibutuhkan nantinya  sebanyak  13.104 orang se-kabupaten Lumajang.