Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Setelah ditetapkan menjadi Relawan Demokrasi Pemilu Serentak 2019, sebanyak 55 Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Lumajang akan mendapatkan pembekalan selama dua hari. Pembekalan ini sebagai modal awal sebelum terjun ke lokasi tugas sesuai basis pemilih yang ditetapkan sebelumnya. Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah menyampaikan bahwa Relasi ini mempunyai tugas yang tidak mudah. Selain memberikan sosialisasi tahapan Pemilu juga memberikan edukasi politik kepada pemilih agar bias menjadi pemilih yang cerdas. Hal ini dismapaikannya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pembekalan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di Rumah Makan Istana Tukum Lumajang, Senin (21/1).

Mudawiyah panggilan akrabnya mengatakan, Relasi sebagai kepanjangan tangan dari KPU harus mampu memberikan informasi seluas-luasnya dan selengkap-lengkanya kepada masyarakat seluruh tahapan Pemilu, utamanya tahapan krusial menjelang hari pemungutan suara 17 April 2019. Sehingga seluruh warga yang mempunyai hak pilih dipastikan mengetahui setiap informasi apapun seputar Pemilu 2019 ini. “Pastikan seluruh basis pemilih yang menjadi konsen Relasi harus paham tahapan Pemilu. Dan bisa menjadi pemilih yang cerdas saat di TPS nanti” katanya.

Namun sebelum turun ke lapangan sesuai basisnya, KPU Kabupaten Lumajang membekali Relawan dengan berbagai materi yang menjadi pegangan Relasi nantinya. Untuk itu pembekalan ini harus diikuti oleh seluruh Relasi agar memahami secara teknis Pemilu dan juga mengetahui secara filosofi pemilu itu sendiri. “Kita tekankan Relasi harus mengikuti seluruh materi yang sudah kita siapakan sebagai bekal turun ke basis, kecuali ada halangan yang logis dan diijinkan oleh KPU” tegasnya.

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Pembekalan Relawan demokrasi ini akan dilakukan selama dua hari mulai tanggal 21-22 Januari 2019, dengan enam materi wajib yakni Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan partisipasi, Pemahaman tahapan pemilu yang strategis, kode etik relawan, dan tekni-teknik komunikasi public serta materi yang relevan lainnya. (res)