Lumajang,Kpud-Lumajangkab.go.id Mempersiapkan Tahapan Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lumajang 2018, Yang Akan dimulai untuk pendaftaran bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 8-10 Januari 2017 untuk memantau kesiapan dalam pengamanan masa pemilihan serempak seluruh satuan keamanan, baik dari unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Pol PP, PM, KPU, Linmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Forkopimca se Kabupaten Lumajang mengikuti Apel Operasi Mantap Praja 2018, KPU Kabupaten Lumajang  dan Anggota PPK dari lima Kecamatan yaitu  Kecamatan Lumajang, Sukodono, Tekung, Sumbersuko Dan Rowokangkung  yang bertempat di Alun Alun Kabupaten Lumajang. Jumat (5/1/2017/2018)

Dalam kegiatan apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja Semeru 2018, Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018, Kapolres Lumajang, AKBP. Rachmad Iswan Nusi, S.I.K, MH, yang bertindak sebagai Pembina Apel, berpesan kepada seluruh personil pengamanan, agar segera mempersiapkan segala sesuatunya dengan berkoordinasi dan bekerjasama secara baik. Pihaknya juga mengintruksikan agar Satuan keamanan juga harus melakukan deteksi dini melalui peran intelijen, menjaga netralitas, selama melaksanakan tugas dengan penuh rasa.

“Menjelang pilkada serempak 2018, kita harus menyatukan misi, menjaga keamanan agar penyelenggaraan Pesta Demokrasi ini dapat berjalan dengan damai”, Ujar AKBP Rachmad Iswan Nusi S.I.K,MH.

Menambahkan Kembali Perbedaan Calon Pilihan bukan menjadi alasan untuk memicu permusuhan, karena persatuan dan kesatuan adalah tanggung jawab bersama. “Satuan tugas tidak boleh mudah terhasut ataupun terprovokasi oleh pihak manapun, kita harus tetap berkonsentrasi melakukan pam swakarsa di lingkungan masing-masing”,Pungkasnya.

Dalam apel tersebut, Kapolres yang juga didampingi Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes, juga menggelar inspeksi dan melakukan pengecekan kesiapan dari kendaraan oprasional dalam memantau keamanan menjelang Pilkada 2018 mendatang. Dan diharapkan pula dengan kesiapan kendaraan oprasional setidaknya dapat memaksimalkan kinerja keamanan dalam menjaga kekondusifan pesta demokrasi.