Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menggelar Rapat Fasilitasi dan Evaluasi Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019, pada Selasa (19/2). Sebanyak 55 Relasi hadir dalam acara yang bertempat di Rumah Pintar Pemilu ‘Kirana Agung’ Kantor KPU Lumajang.

Muhammad Ridhol Mujib selaku Komisioner Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Lumajang merasa bangga dengan kinerja Relasi selama sebulan ini.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja teman-teman Relasi yang sudah pandai membangkitkan suasana, menyampaikan materi di hadapan masyarakat,” ucap M. Ridhol Mujib.

Ridho, panggilam akrabnya, merasa optimis bahwa Relasi bisa melakukan sosialisasi secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lumajang.

“Saya merasa optimis kerja teman-teman Relasi ini bisa melampaui ekspektasi target yang kami tetapkan,” lanjutnya.

Dalam evaluasi kegiatan sosialisasi, Ridho mengingatkan para Relasi untuk segera melaporkan setiap kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan. Hal itu bertujuan agar laporan kegiatan sosialisasi bisa naik menjadi berita di website KPU dan menjadi rujukan untuk media lain. Termasuk laporan kegiatan yang peruntukannya untuk di-upload di Sisitem Informasi Partisipasi Masyarakat (Siparmas) KPU.

“Setiap melakukan sosialisasi, kami harap teman-teman Relasi segera mengirimkan informasi kegiatan, jangan sampai menunggu besok,” tegasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Edo menyarankan Relasi per Basis untuk membagi tugas dan saling bekerja sama.

Selain itu, Relasi juga diingatkan dengan komitmen awal untuk mengerjakan laporan pertanggungjawaban setiap kegiatan, baik pertanggungjawaban kegiatan maupun pertanggungjawaban pengelolaan anggaran.

Setiap kegiatan sosialisasi yang dilakukan KPU termasuk Relasi berada di bawah pengawasan Bawaslu. Sehingga, Relasi diminta untuk hati-hati dan netral saat melakukan sosialisasi dan status di media sosial. (hes)