Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang menginstruksikan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Nonton Bareng (NOBAR) dan Dengarkan Bareng (DEBAR) Debat Publik kedua Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 bersama masyarakat sekitar. NOBAR dan DEBAR Debat yang akan digelar senin (9/4) pukul 19.00 WIB malam ini di Gedung Soejono Jalan Alun-alun selatan, sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat dengan terus mengajaka agar saat hari pemungutan suara 27 Juni 2018 bisa hadir dan memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara.

Muhamad Ridhol Mujib, Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi SDM dan Parmas menjelaskan bahwa debat kedua ini akan disiarkan secara langsung oleh TV lokal Lumajang (Lumajang Vision) dan dua radio swasta (Semeru FM dan Gloria FM), serta radio Pemerintah Kabupaten Lumajang (Suara Lumajang). Untuk itu dia meminta kepada seluruh PPK dan PPS bisa memfasilitasi masyarakat sekitar agar bisa nonton bareng atau dengarkan bareng debat publik yang akan digelar selama 2 jaman. “Kerena sudah disirakan secara langsung baik di TV lokal maupun radio, maka PPK dan PPS bisa gelar NOBAR atau DEBAR agar masyarakat bisa mengetahui debat kedua ini secara utuh” jelasnya, senin (9/4).

Apalagi kata Ridho panggilan akrab Komisioner KPU Lumajang ini menilai tema debat kedua ini akan menggali visi dan misi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang terkait keserasian pembangunan daerah dengan provinsi dan nasional serta memperkokoh NKRI dan kebangsaan. “Debat ini mengangkat tema yang perlu diketahui masyarakat Lumajang agar tahu bagaimana masing-masing Paslon menerjemahkan visi dan misinya yang harus selaras dengan pembangunan provinsi dan nasional, dengan menjaga keutuhan NKRI dan kebangsaan” katanya.

Selain itu dia berharap saat NOBAR atau DEBAR debat, PPK dan PPS juga bisa memanfaatkan sosialisasi tahapan Pemilihan serentak 2018 yang akan memasuki tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Disamping dalam dua bulan kedepan akan digelar pemungutan suara 27 Juni 2018. “Ingatkan bahwa coblosan akan dilaksanakan pada 27 Juni dan jangan bosan ajak masyarakat untuk hadir untuk memberikan hak suaranya di TPS” pungkasnya.

Debat kedua ini akan diikuti ketiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018. Yakni Paslon nomor urut 1 H.  Thoriqul Haq, M.ML dan Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si, Paslon nomor urut 2 Drs. H. As’at, M.Ag dan H. Thoriq, Paslon nomor urut 3 H. Rofik, SH, MH dan Ir. Nurul Huda. Mereka hadir bersama 100 orang pendukungnya di lokasi paling lambat 30 menit sebelum acara dimulai dengan menggunakan tanda pengenal yang disediakan KPU Kabupaten Lumajang.