Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang menginstruksikan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Nonton Bareng (NOBAR) Debat Publik Pertama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018 bersama masyarakat sekitar. NOBAR Debat yang akan digelar selasan (10/4) pukul 19.30 WIB malam ini di Dyandra Convention Centre Jalan Basuki Rahmat 93-105 Surabaya, sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat dengan terus mengajak agar saat hari pemungutan suara 27 Juni 2018 bisa hadir dan memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara.

Muhamad Ridhol Mujib, Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi SDM dan Parmas menjelaskan bahwa debat pertama ini akan disiarkan secara langsung 3 TV nasional (I News TV, CNN Indonesia dan Trans 7) dan satu tv lokal Jawa Timur (JTV). Untuk itu dia meminta kepada seluruh PPK dan PPS bisa memfasilitasi masyarakat sekitar agar bisa nonton bareng debat publik yang akan digelar selama 2 jaman. “Kerena sudah disirakan secara langsung baik di TV nasional maupun lokal, maka PPK dan PPS bisa gelar NOBAR agar masyarakat bisa mengetahui debat pertama ini secara utuh” jelasnya, selasa (10/4).

Apalagi kata Ridho panggilan akrab Komisioner KPU Lumajang ini menilai tema debat pertama ini akan menggali visi dan misi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terkait kesejahteraan rakyat. “Debat ini mengangkat tema yang perlu diketahui masyarakat Lumajang agar tahu bagaimana masing-masing Paslon menerjemahkan visi dan misinya khususnya yang berkaitan dengan tema debat pertama Pilgub Jatim ini” katanya.

Selain itu dia berharap saat NOBAR debat, PPK dan PPS juga bisa memanfaatkan sosialisasi tahapan Pemilihan serentak 2018 yang akan memasuki tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Disamping dalam dua bulan kedepan akan digelar pemungutan suara 27 Juni 2018. “Ingatkan bahwa coblosan akan dilaksanakan pada 27 Juni dan jangan bosan ajak masyarakat untuk hadir untuk memberikan hak suaranya di TPS” pungkasnya.

Sesuai yang telah ditetapkan KPU Provinsi Jawa Timur Debat pertama ini akan diikuti kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Yakni Paslon nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Sulistianto Dardak dan Paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Mereka akan menyampaikan visi dan misinya untuk digali lebih dalam demi kepentingan kesejahteraan rakyat Jawa Timur.