Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – KPU Kabupaten Lumajang melakukan simulasi proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 bersama PPK se-Kabupaten Lumajang, pada Rabu (27/3).

Acara yang dikemas dalam Bimtek dan Simulasi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kecamatan ini, digelar di Hall Rumah Makan Istana Kuliner.

Dalam acara ini, KPU Lumajang mengundang 63 orang perwakilan PPK se-Kabupaten Lumajang yang terdiri dari Ketua,  anggota divisi teknis, dan staf teknis sekretariat PPK.

Yusuf Adi Pamungkas Komisioner KPU Lumajang Divisi Teknis dan Penyelenggaraan memimpin jalannya bimtek dan simulasi ini.

Di awal pembahasannya, Yusuf mengingatkan PPK bahwa proses rekapitulasi penghitungan suara berjalan selama 10 hari setelah Pemilu, yaitu tanggal 18 hingga 27 April 2019.

Yusuf mengimbau agar PPK mengikuti jadwal yang sudah direncanakan oleh KPU RI.

Selain itu, Yusuf juga meminta PPK untuk menjalin kerjasama dengan banyak pihak, khususnya Panwascam, saksi dari Parpol, dan PPS.

“Semua sekretariat PPK dan PPS juga harus dilibatkan. Jika tidak, maka nanti akan kekurangan petugas,” papar Yusuf.

Dalam pelaksanaan simulasi, Yusuf menunjuk beberapa PPK untuk memberikan contoh proses rekapitulasi penghitungan suara di salah satu TPS.

“Simulasi rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu ini sangat diperlukan agar PPK semakin paham dalam merekap hasil penghitungan suara Pemilu 2019,” lanjut Yusuf. (hes)