Peresmian Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lumajang untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang diadakan pada tanggal 18 November 2017 bertempat di alun – alun Kabupaten Lumajang berlangsung meriah. Acara yang dikemas dengan pesta rakyat ini dimulai sejak pukul 13.00 WIB dengan parade musik Nusantara SMA/SMK se-kabupaten Lumajang. Selain parade musik, KPU melakukan penandatanganan petisi Siap Lumajang Memilih bagi masyrakat umum untuk Pilkada Kabupaten Lumajang 2018. Dengan melibatkan SMA/SMK di Kabupaten Lumajang, KPU berharap bisa menarik pemilih pemula dalam gelar pilkada lumajang yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 juni 2018. “Upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada kali ini harus dilakukan dari berbagai segmen pemilih termasuk pemilih pemula, khususnya pelajar SMA/SMK sederajat dengan memberikan kesempatan tampil di acara launching Pilkada ini” kata M. Ridhol Mujib, selaku Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Lumajang.

Acara selajutnya yang diadakan pada pukul 18.00 dengan mengundang partai politik peserta pemilu, KPU Kabupaten/Kota tetangga, PPS dan PPK terpilih, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Lumajang. Turut Hadir dalam acara ini Gogot Cahyo Baskoro yang mewakili Ketua KPU Jawa Timur. Selaku divisi SDM dan Parmas, Gogot menyampaikan pada kesempatan ini PPK dan PPS terpilih agar mengedapkan unsur netralisme pada Pilkada serentak, dan untuk mensukseskan Pilkada bukan hanya tugas KPU tapi semua pihak untuk mensuksekan Pilkada serentak pada tanggal 27 juni 2018” ujar Gogot.

Sementara itu Bupati Lumajang As’at Malik menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada 2018 harus berjalan dengan lancar tanpa aral melintang. Semua tahapan terlaksana sesuai peraturan yang ada, dan berharap partisipasi pemilih melebihi target nasional. “77,5% yang ditargetkan oleh KPU RI bisa terwujud, bahkan Kabupaten Lumajang tidak hanya 77,5 % kalau bisa 80% pemilihnya “ harap As’at saat menyapaikan pidato didepan masyrakat.

Sebagai bentuk dimulainya Tahapan Pilkada Lumajang, KPU Lumajang secara resmi mengenalkan maskot Pilkada Lumajang 2018 dengan sebutan Si Jangli (Siap Lumajang Memilih) serta jinglenya. Selanjutnya sebagai bentuk komitmen bersama untuk suksesnya Pilkada Lumajang, KPU Lumajang mengajak seluruh stakeholder seperti FORKOMPINDA, Komisioner KPU Jatim, Komisioner KPU Lumajang, Panwaslu Kabupaten Lumajang, menandatangani petisi Siap Lumajang Memilih.

Untuk kemeriahan acara KPU Lumajang memberikan hiburan kepada masyarakat dengan acara hiburan rakyat dengan hiburan bintang tamu ibu kota antara lain Kidnep Flanela, Ajeng dan Wandra penyanyi yang hit dengan tembang Banyuwangiannya. selain panggung hiburan diadakan juga donor darah, stand kopi gratis, sablon kaos gratis dengan himbaun untuk tidak golput, dan Rumah Pintar Pemilu (RPP) untuk mengedukasi masyarakat tentang kepemiluan. Autusime masyarakat terlihat banyaknya yang hadir pada acara launching pilkada.