Semakin dekatnya dengan tahapan pendaftaran calon perseorangan Pilkada Kabupaten Lumajang, maka KPU Kabupaten Lumajang mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pencalonan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2018 yang diselenggarakan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kantor KPU Lumajang Jalan Veteran No 70 Lumajang. Acara ini dihadiri oleh lima komisoner KPU Lumajang, dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Lumajang yang juga menjabat Divisi Teknis Siti Mudawiyah. Hadir pula dalam undangan perwakilan Partai Politik yang berada di Lumajang, Badan Narkotika Nasional (BNN), Dinas Pendidikan dan Perwakilan dari Media.

Menurut Siti Mudawiyah dalam acara tersebut untuk calon perseoarang yang ingin mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dimulai tanggal 25-29 November 2017, penelitian jumlah minimal dukungan perseorangan 25 November-1 Desember 2017, penelitian administrasi 25 November – 1 Desember 2017 kemudian penelitian faktual 12-25 Dessember 2017, untuk rekap di kecamatan 26-28 Desember 2017 dan di KPU Kabupaten/kota 31 Desember 2017 untuk minimal jumlah dukungan E-KTP 62.475 yang diserahkan.

Sedangkan untuk menyerahkan syarat dari gabungan partai politik yang akan mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 1 – 7 Januari 2018, untuk pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati 8-10 Januari 2018 jika dari pasangan calon ini diterima maka pada tanggal 8- 16 Januari harus melakukan tes kesehatan, penguman syarat calon dan tanggapan masyrakat 10-16 Januari 2018, dan untuk hasil penelitian 17- 18 Januari 2018 ini juga berlaku untuk calon perseorangan.

Siti Mudawiyah juga menyampaikan “Untuk Polri, TNI, PNS, Anggota DPR, dan Kepala Desa yang ingin mencalonkan diri wajib mengundurkan diri, berhenti dari jabatan BUMN atau BUMD dan utuk Petahana wajib menagajukan cuti. Terkait syarat pasangan calon Fotocopy Ijazah Terkakhir, E-KTP, NPWP dan laporan data pribadi wajib dilaporkan daftar riwayat hidup dan naskah visi dan misi masing masing calon dan daftar nama tim kampanye” Ujar Siti Mudawiyah ( 25/11/2017).

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab salah satunya dari perwakilan media yang menanyakan bagaimana informasi terhadap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang ini bisa lebih meluas kepada masyarakat. Menanggapi pertanyaan ini Siti Mudawiyah menyampaikan bahwa untuk infomasinya yang ingin didapat oleh masyarakat bisa dibuka melalui akun sosial media KPU kabupaten Lumajang seperti FB, Twitter, dan Website KPU Lumajang dan nantinya Rumah Pintar Pemilu (RPP) ini juga sebagai Media Center dan infomasi apapun nanti akan tercentral di RPP. “Terkait dengan produk–produk kepemiluan akan terpusat di RPP ini dan nantinya kita akan siap jika secara mendadak diminta untuk menyampaikan infomasi terbaru” tutup Siti Mudawiyah.