Komisioner KPU Lumajang dari Divisi Perencanaan dan Data Syamsul, Divisi Umum Keuangan dan Logistik Yusuf Adi Pamungkas dan ditemani oleh Kasubag Progam dan Data Samiaji menghadiri Bimtek dalam rangka Pengelolaan dana Hibah pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018, KPU Provinsi Jawa Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Program dan Anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur. Untuk kali ini, Bimtek yang digelar 16 – 17 November 2017 bertempat di Baobab Safari Resort Prigen Pasuruan.

Bimtek dibuka oleh Eko Samito Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, yang menyampaikan bahwa, “Dalam memutuskan setiap tahapan pilkada diharapkan untuk selalu berhati-hati, karena semua keputusan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak tidak hanya mengikat di internal KPU saja, tetapi juga mengikat hingga ke eksternal KPU.” Ujar Eko

Dalam Bimtek selama dua hari, tidak hanya diisi oleh komisioner KPU Jatim saja. Ada pemateri yang berasal dari Biro Perencanaan dan Data KPU RI dan Kanwil DJPBN Jawa Timur dengan materi terkait mekanisme pengelolaan dana hibah. Untuk materi dari KPU Jatim, akan diisi oleh Dewita Hayu Shinta (Divisi Keuangan, Umum dan Logistik) dan Choirul Anam (Divisi Perencanaan dan Data).
“Selama dua hari ke depan, kami akan Bimtek terkait penyusunan program dan data untuk Pilgub 2018 mendatang. Pemateri dari KPU RI dan KPU Jatim, ada juga dari Kanwil DJPBN,” ujar Kepala Bagian (Kabag) program data dan sumber daya manusia KPU Jatim, Suharto.

Suharto berharap, peserta bimtek lebih maksimal memanfaatkan kegiatan tersebut. Setidaknya bisa mendapat tambahan pengetahuan untuk kebutuhan Pilgub 2018, terlebih juga nanti akan diadakan sesi tanya jawab pada seluruh materi. Baik itu yang disampaikan oleh pihak KPU RI, KPU Jatim dan Kanwil DJPBN Jatim.
“Memaksimalkan sesi tanya jawab, akan bisa membuat peserta lebih faham akan materi yang disampaikan nanti,” ucapnya. Bimtek Penyusunan Program dan Anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 ini diikuti oleh Komisioner KPU Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data serta Sekretaris KPU se-Jawa Timur