Lumajang,Kpud-Lumajangkab.go.id Setelah  selesainya  masa verivikasi vaktual untuk Partai Baru  Calon Partai Pemilu 2019  KPU Lumajang menyerahkan hasil penelitian dua partai politik yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan  Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang bertempat dikantor KPU Lumajang Jln Veteran no 70. Pada (5/1/2018), pada penyerah berkas ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Lumajang serta didamdaping oleh Panwas kabupaten Lumajang.

Pada penyerahan berkas ini Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Hukum Rudy Hartono menyapaikan “saat melakukan sempling untuk PSI  dari 102 yang dilakukan verifikasi faktual semuanya  memenuhi syarat, dan tidak ada yang  tidak memenuhi syarat dari hasil verivikasi dilapangan, sedangkan untuk Partai Perindo  dari 123 yang disempling dengan memenuhi syarat 115 dan yang tidak memenuhi syarat 8 “Ujar Rudy Hartono. Setelah hasil verivikasi disampaikan, Rudy mempersilahakan untuk  berkonsultasi ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP)  masing masing baik yang memenuhi syarat penuh atau  untuk Partai Perindo  apakah ada perbaikan.

“Jika memang ada perbaikan  dari partai Politik agar menkonfrimasi kepada KPU kabupaten Lumajang, sehingga KPU Kabupaten Lumajang bisa mempersiapkan tindakan yang harus dilakukan. Sedangkan untuk jadwal perbaikan akan dilakukan pada tanggal 7-20 Januari 2018 Sehingga ada Kesempatan apabila ada perbaikan “ Ungkap Rudy.

Berkas hasil verifikasi faktual ini selain diberikan pada Partai PSI dan  Partai Perindo juga diserahkan kepada Panwas kabupaten Lumajang. Selanjutnya KPU Kabupaten Lumajang  akan melakukan verifikasi faktual Kepada Partai Berkarya dan Partai Garuda menyusul dua partai yang lolos pasca putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yaitu akan diverifikasi faktual sampai dengan 12 Januari 2018.