Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Setelah mendapatkan pembekalan selama dua hari dengan mendapatkan materi wawasan kepemiluan, kode etik dan teknik komunikasi publik, Relawan Demokrasi Pemilu 2019 diminta memetakan basis pemilih yang menjadi sasarannya. Hal ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Muhamad Ridhol Mujib, saat menutup acara pembekalan relasi di Restoran Istana Kuliner Tukum Lumajang, selasa (22/1).

Dalam kesempatan tersebut Ridho panggilan akrabnya bahwa pemetaan penting dilakukan mengingat semua basis pemilih mempunyai karakter tersendiri. Sehingga sebagai relawan perlu memahami setiap karakteristik setiap pemilih maupun kelompok yang akan jadi sasaran sosialisasi. “Perlunya pengenalan awal dengan memetakan sasaran biar paham apa yang harus dilakukan sebelum turun ke tengah-tengah basis pemilihnya” ujarnya.

Selain itu dibutuhkan kreatifitas dari relawan dalam mengembangkan sosialisasi tanpa harus melihat ada anggaran dari KPU atau tidak. Selama itu ada media dan sasaran yang jelas untuk dijadikan sasaran sosialisasi, maka itu merupakan kesempatan emas yang harus disasar menjadi ajang sosialisasi pemilu 2019. “Secara garis besar semua bentuk sosialisasi dan pendidikan pemilih akan difasilitasi anggaranya oleh KPU. Tapi yang tanpa anggaran bukan berarti tak boleh dilakukan itu merupakan point kreatifitas relawan” katanya.

Sebab lanjut Ridho, progress report dari relawan bisa terlihat dari laporan kinerja yang mereka laksanakan setiap bulannya. Perlu adanya koordinasi intens dalam tim untuk menentukan sasaran yang akan dijadikan media sosialisasi, atau melalui sharing informasi dari basis lainnya sejauh basis pemilih tersebut memang butuh informasi seputar kepemiluan. “Secara tim harus terlihat progresnya setiap bulan. Penunjangnya juga kegiatan personal yang dibuktikan dengan laporan juga sebagai bentuk efektifitas, efisiensi dan komitmen kerja relawan demokrasi” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Komisioner KPU Lumajang ini berpesan agar relawan harus mampu menjadi solusi setiap tantangan Pemilu 2019. Keberhasilan dan kesuksesan Pemilu 2019 dengan indicator partispasi meningkat dan meningkatnya kualitas merupakan bagian dari kiprah relawan demokrasi yang harus diapresiasi oleh KPU. “Peran relawan cukup sentral dalam meningkatnya partisipasi dan meningkatnya kualitas pemilu ini. Jangan menyerah dengan kondisi dan tantangan yang ada, bulatkan tekad semangat untuk pemilu yang lebih baik” pungkasnya. (res)